Pakai Windows Original, Asus Aman dari Meltdown dan Spectre

Jum'at, 19 Januari 2018 - 19:30 WIB
Pakai Windows Original, Asus Aman dari Meltdown dan Spectre
Pakai Windows Original, Asus Aman dari Meltdown dan Spectre
A A A
JAKARTA - Tahun baru 2018 disambut dengan kabar dua ancaman keamanan baru, yaitu Meltdown dan Spectre yang memanfaatkan lubang keamanan pada prosesor modern buatan Intel, AMD, dan ARM. Memanfaatkan keduanya, pihak yang tidak bertanggungjawab bisa mengeksploitasi lubang keamanan ini untuk mengakses data-data sensitif seperti password, foto, email hingga dokumen bisnis.

Seperti diketahui, Asus menjadi salah satu perusahaan yang membenamkan prosesor Intel dan AMD pada perangkat mereka. Menanggapi hal tersebut, Country Marketing Asus Indonesia, Galip Fu menjamin bahwa perangkat Asus masih tetap aman dari cyber crime (kejahatan siber).

"Ancaman tersebut memang menyerang semuanya, jadi tidak hanya Intel dan AMD. Tapi laptop Asus menggunakan Windows original (asli) karena sudah bekerja sama langsung," jawab Galip di sela-sela media update di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Dikatakannya, Asus menjamin perangkat yang ada 99% aman dari serangan ransomware. "Jangan khawatir dengan perangkat komputasi buatan Asus," katanya.

Beberapa waktu lalu, jenis malware Meltdown dan Spectre diketahui menjadi ancaman malware baru. Keduanya mengancam hampir seluruh perangkat komputasi, termasuk komputer, tablet, smartphone hingga server cloud.

Oleh karena lubang keamanan ada pada hardware, maka kedua ancaman baru tersebut bisa dijalankan pada software sistem operasi apa pun. Termasuk di dalamnya sistem Microsoft Windows, Apple OS, dan Linux.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1750 seconds (0.1#10.140)