Tersebar 25 Kali, WhatsApp Peringatkan Penerima Pesan Potensi Hoax

Senin, 22 Januari 2018 - 14:14 WIB
Tersebar 25 Kali, WhatsApp Peringatkan Penerima Pesan Potensi Hoax
Tersebar 25 Kali, WhatsApp Peringatkan Penerima Pesan Potensi Hoax
A A A
MENLO PARK - Hoax atau berita palsu tahun ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi aplikasi media sosial (medsos), termasuk aplikasi perpesanan terpopuler, WhatsApp. Mereka pun mencoba mengambil langkah yang diperlukan guna menghentikan penyebaran berita palsu di platform-nya, sekaligus menjadikannya sebagai spam gratis.

Laporan tentang sistem notifikasi baru yang memperingatkan pengguna WhatsApp, bahwa mereka berisiko menyampaikan pesan spam baru saja muncul secara online dari berbagai sumber. Setiap kali sistem mendeteksi bahwa pesan telah diteruskan berkali-kali, maka WhatsApp bakal mulai memperingatkan pengguna bahwa pesannya bisa berupa spam.

Tersebar melalui pesan spam di platform WhatsApp, hoax telah menjadi masalah sebenarnya dalam beberapa tahun terakhir. Bukan hanya WhatsApp, medsos satu grupnya yakni Facebook juga tengah berusaha memerangi berita palsu.

Untuk membatasi penyebaran hoax, WhatsApp sekarang tengah menguji fitur baru tersebut. Sebauh sistem yang akan memperingatkan penggunanya tentang yang meneruskan pesan bahwa pesan tersebut mungkin adalah spam.

Namun peringatan kepada pengguna baru akan muncul jika pesan diteruskan lebih dari 25 kali. Apapun itu, upaya WhatsApp dalam memerangi hoax perlu diapresiasi
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4368 seconds (0.1#10.140)