3 Fakta Letjen TNI Jonni Mahroza, Lulusan Universitas Inggris yang Jadi Rektor Unhan

Jum'at, 15 Desember 2023 - 15:02 WIB
loading...
3 Fakta Letjen TNI Jonni Mahroza, Lulusan Universitas Inggris yang Jadi Rektor Unhan
Letjen TNI Jonni Mahroza tengah menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan (Unhan). Foto/Instagram @unhan_ri
A A A
JAKARTA - Letjen TNI Jonni Mahroza merupakan perwira tinggi TNI AD yang kini tengah menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan (Unhan). Sebagai seorang rektor, pria asal Maninjau ini juga memiliki riwayat pendidikan mumpuni.

Jonni Mahroza lahir pada tahun 1966. Kariernya di militer dimulai setelah menyelesaikan pendidikan di Akmil tahun 1989.

Selain beberapa fakta yang telah dibeberkan di atas, masih ada sejumlah fakta menarik lainnya tentang Jonni Mahroza. Berikut ulasannya.

3 Fakta Letjen TNI Jonni Mahroza


1. Punya Riwayat Pendidikan Mumpuni


Semasa muda, Jonni Mahroza telah menghabiskan sebagian besar waktunya di Maninjau. Dirinya sempat bersekolah di SMAN 1 Tanjung Raya dan lulus tahun 1986.



Setelah bergabung bersama militer tahun 1989, Jonni tetap tak menutup diri pada ilmu dengan melanjutkan sekolah di Universitas Terbuka pada tahun 1992 hingga lulus di tahun 1995.

Setelah itu dirinya melanjutkan studi S2 ke University of East Anglia Inggris mengambil jurusan Hubungan Internasional dan lulus tahun 1997.

Jonni kemudian melanjutkan pendidikan demi mendapat gelar Ph.D. di tahun 2002. Dirinya diterima di Defense Studies, Flinders University, Australia, hingga pada akhirnya lulus pada tahun 2006.

2. Banyak Jabat Posisi Penting di Lembaga Pendidikan Militer


Sebagai seorang akademisi, Jonni Mahroza telah beberapa kali menjabat di sejumlah posisi strategis. Mulai dari Sesprodi Diplomasi Pertahanan Unhan tahun 2018, lalu Wakil Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan tahun 2019.



Kariernya berlanjut sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhan tahun 2020, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Perencanaan Unhan pada Januari 2023, dan kemudian dilantik sebagai Rektor Unhan pada Agustus 2023.

3. Dilantik sebagai Rektor oleh Prabowo Subianto


Pada 4 Agustus 2023, Menhan Prabowo melantik pejabat baru Rektor Unhan RI Mayjen TNI Jonni Mahroza menjadi Rektor Unhan RI menggantikan Laksdya TNI (Pur) Amarulla Octavian, menurut laman resmi Universitas Pertahanan.

Pelantikan yang dipimpin oleh Prabowo ini diadakan di Aula Merah Putih Universitas Indonesia. Setelah pelantikan ini, Jonni Mahroza lantas mengalami kenaikan pangkat menjadi Letjen pada 31 Agustus 2023.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1540 seconds (0.1#10.140)