Mengenal Lebih Dekat Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan yang Miliki Segudang Prestasi

Sabtu, 16 Desember 2023 - 19:08 WIB
loading...
Mengenal Lebih Dekat Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan yang Miliki Segudang Prestasi
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Brigjen Pol Aan Suhanan. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi mengangkat Brigjen Pol Aan Suhanan menjadi Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri yang baru. Brigjen Pol Aan menggantikan Irjen Pol Firman Shantyabudi yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan sebagai Kakorlantas teruang pada Surat Karobinkar SSDM Polri Nomor: B/ND-500/XII/KEP./2023/Robinkar tanggal 12 Desember 2023 hal pelaksanaan serah terima jabatan pejabat utama Mabes Polri dan para Kapolda serta pelantikan Kakorlantas Polri. Sebelumnya Brigjen Pol Aan menjabat sebagai Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri.

Pria kelahiran Kuningan Jawa Barat 31 Januari 1967 ini memiliki hobi bersepeda. Baginya bersepeda bukan lagi untuk kesenangan semata melainkan sudah menjadi kebutuhan dirinya. Selain berfungsi menyehatkan jiwa dan raganya pribadi, ajang gowes ini pun sebagai langkah kampanye hidup sehat kepada masyarakat serta mendekatkan diri di tengah masyarakat.



Dari hobinya tersebut Aan yang tergabung dalam Tim Gowes Presisi Khatulistiwa mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), karena berhasil bersepeda menempuh jarak 508 Km dalam waktu 24 jam dengan rute Jakarta-Semarang.

Aan yang gemar menggayuh sepeda tersebut merupakan Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 B, setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1997, pada 2002 di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim) Polri dan lulus dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhamnas) pada 2014.



Sejumlah jabatan strategis pun di Korps Bhayangkara pernah didudukinya. Pada 2007 Brigjen Pol Aan ditunjuk menjadi Kapolres Pekalongan, kemudian sebagai Kapolres Sukoharjo pada 2008. Aan mengemban tugas sebagai Wakapolres Metro Jakarta Barat pada 2009 kemudian Dirsabhara Polda Kalteng pada 2011, Kabagren Waketbidminwa STIK Lemdiklat Polri 2013, Analis Kebijakan Madya Bidang STIK Lemdikpol 2014,

Kemudian Dirpamobvit Polda Metro Jaya pada2015, selanjutnya pada 2016 dirinya diangkat menjadi Irbid Itwil I Itwasum Polri ditahun yang sama ia dipercaya menduduki posisi Wakapolda Banten kemudian menjabat Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri pada 2017, Kabagprogar Rojianstra SOPS Polri dan Dirsamapta Korshabara Baharkam Polri pada 2020 dan Dirgakkum Korlantas Polri tahun 2021.

Saat menjabat Dirgakkum Korlantas Polri, Aan berhasil membantu menyukseskan event-event nasional dan internasional di antarannya KTT ASEAN Summit di Labuan Bajo dan KTT AIS di Bali 2023 sebagai Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pengamanan dan Pengawalan Rute Lalu Lintas dan Parkir (Pamwalrolakir).

Kasatgas Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalulintas (Kamseltibcarlantas) Operasi Ketupat 2023, Aan pun melalukan pemantauan dan peninjauan secara langsung guna memastikan kelancaran arus mudik dan balik Idul Fitri 2023.

Aan juga dikenal sebagai pribadi yang hangat dan dekat dengan keluarga, hal tersebut telihat dari laman instagramnya yang membagikan beberapa moment kebersamaan keluarganya
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)