Review Mitsubishi XForce: Kenyamanan, Performa, Fitur, dan Teknologi

Senin, 18 Desember 2023 - 16:04 WIB
loading...
Review Mitsubishi XForce: Kenyamanan, Performa, Fitur, dan Teknologi
SINDONews melakukan tes jalan terhadap Mitsubishi XForce, menjajal fitur, performa, hingga teknologi di dalamnya. Foto: MMKSI
A A A
YOGYAKARTA - Compact SUV terbaru Mitsubishi, XForce , memang bikin penasaran. Apa sebenarnya daya tarik compact SUV 5-seater dengan desain futuristik ini? Mengapa lebih banyak kaum hawa yang memilikinya? Dan bagaimana bisa bersaing dengan pasar paling kompetitif yang dihuni Honda HR-V, Hyundai Creta, Suzuki Grand Vitara, hingga Toyota Yaris Cross?

Rasa penasaran itu akhirnya terjawab setelah SINDONews mengikuti acara test drive XForce Infinite Xcitement-Media Adventure 2023 selama 2 hari di daerah Yogyakarta, Solo, dan Semarang, atau Joglosemar di wilayah Jawa Tengah, awal bulan ini.

Kami menempuh rute kombinasi jalan tol, kemacetan dalam kota, hingga jalur menanjak serta berkelok di kawasan Gunung Kidul. Walau waktunya sendiri cukup padat, tapi SINDONews sudah mendapatkan informasi yang cukup. Apa saja plus dan minusnya mobil ini.

Nah, berikut beberapa hal yang jadi catatan SINDONews:

1. Kental Gaya SUV Urban
Review Mitsubishi XForce: Kenyamanan, Performa, Fitur, dan Teknologi

Soal desain memang personal. Tapi, jadi salah satu faktor penentu terbesar pembelian. SINDONews sendiri suka dengan gaya desain Mitsubishi XForce yang gagah, sporty, dan sangat modern. Bahkan, lebih keren “stand out” dibanding Yaris Cross ataupun Hyundai Creta.

Desain Dynamic Shield baru, lampu belakang T-Shape, serta garis bodi yang tajam membuat Mitsubishi XForce kelihatan gagah. Bukan gagah yang maskulin. Gagah yang “futuristik”. Wajar jika kaum hawa banyak yang suka. Inilah SUV urban untuk menemani aktivitas harian masyarakat perkotaan.

2. Ground Clearance Tertinggi
Review Mitsubishi XForce: Kenyamanan, Performa, Fitur, dan Teknologi

XForce Ultimate CVT yang kami kendarai, punya velg 18 inci. Terlihat jangkung, karena ground clearance tertinggi yang mencapai 222 mm.

Bandingkan dengan ground clearance Honda HR-V yang 195 mm, Suzuki Vitara 210 mm, Yaris Cross 210 mm, dan Hyundai Creta 190 mm. Dampaknya, kita lebih pede berkendara. Nggak khawatir mentok.

Hal lain yang SINDONews suka adalah radius putar kemudi kecil, hanya 5,2 meter. Jadi, untuk putar balik di jalan sempit, atau parkir nyaman sekali. Sangat relevan bagi kaum hawa.

Soal suspensi, memang tidak empuk. Terutama suspensi belakang. Tapi, juga tidak keras sampai bikin tidak nyaman. Penyetelan ini disesuaikan dengan ground clearance tinggi. Sebab, terasa sekali di kecepatan tinggi mobil ini terasa stabil dan minim gejala limbung.

3. Kenyamanan Kabin
Review Mitsubishi XForce: Kenyamanan, Performa, Fitur, dan Teknologi

Kabin Mitsubishi XForce Ultimate menurut SINDONews terasa mewah dan nyaman. Pengemudinya pasti menikmati berkendara harian dengan mobil ini. Warna jok dan kabin dominan gelap. Penggunaan warna kontras abu-abu di dasbor dan doortrim ini selera. Terus terang, SINDONews kurang suka. Tapi, masih bisa ditoleransi.

Ada AC Dual Zone dengan nanoeX yang menyegarkan kabin. Lalu, konsol tengah dengan pendingin minuman berguna sekali untuk perjalanan luar kota dan cuaca terik. Kita selalu bisa menikmati minuman dingin kapan pun.

Dasbor mobil ini dihiasi dengan head unit tegak dan menonjol. Hmm.. bezelnya cukup tebal, walau tidak terlalu mengganggu seperti milik Hyundai Stargazer versi awal.

Memang ada beberapa catatan, seperti seat adjuster yang masih manual atau absennya panoramic roof. Kenop pengunci pintu yang terlihat kuno ternyata tidak mengganggu, kok.

4. Tampilan Avionik, tapi Terlalu Banyak Informasi
Review Mitsubishi XForce: Kenyamanan, Performa, Fitur, dan Teknologi

Ada banyak sekali sensor-sensor di Mitsubishi XForce, yang ditampilkan dalam data historis berupa grafik dan angka di head unit berukuran 12.3 inci smartphone-link display. Sehingga terlihat seperti sistem elektronik di pesawat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)