Siapakah Mohammed al-Zouari, Insinyur Tunisia Pencipta Drone Tempur Hamas?

Selasa, 19 Desember 2023 - 21:02 WIB
loading...
Siapakah Mohammed al-Zouari, Insinyur Tunisia Pencipta Drone Tempur Hamas?
Mohammed al-Zouari menciptakan drone tempur untuk pejuang Hamas. Foto/AJA
A A A
TUNIS - Penyebutan Mohammed Zouari oleh pejabat Hamas setelah peluncuran Operasi Badai Al-Aqsa telah menambah intrik dalam ceritanya.

Mohammed al-Zouari dipuji karena memberikan sayap militer Hamas, Brigade Izzudin al-Qassam, pengetahuan teknologi untuk menciptakan drone penyerang pertama mereka yang layak tempur.

Namanya kini kembali mencuat setelah Perlawanan Palestina mengumumkan penggunaan drone bernama ‘Zouari’ sebagai bagian dari serangan mereka terhadap Israel.

Peran Mohammed al-Zouari dalam membantu sayap bersenjata Hamas, Brigade Al Qassam, tidak diketahui publik sampai pembunuhannya pada tahun 2016.

Meskipun tim bersenjata yang membunuh al-Zouari tidak pernah tertangkap, kematiannya secara luas dikaitkan dengan pekerjaan Mossad Israel yang dituduh membunuhnya di tanah Tunisia.

Setelah kematiannya, al-Zouari berubah menjadi tokoh ikonik di seluruh wilayah Palestina dan dunia Arab, namun kisahnya hanya sedikit diketahui di Barat.

Seorang warga Tunisia sejak lahir, Mohammed al-Zouari lahir pada tahun 1967 dan tumbuh dalam keluarga Muslim konservatif.

Dia menyelesaikan pendidikan agama dan formal, sebelum lulus dari 'Sekolah Insinyur Nasional' di kota Sfax.

Bekerja di sejumlah negara Arab, al-Zouari meraih status sebagai profesor universitas, menjadi direktur teknis di perusahaan teknik mesin, pilot untuk maskapai penerbangan Tunisia, dan bahkan menjadi kepala 'Klub Model Penerbangan Selatan' tempat dia berlatih tentang cara membuat drone dengan bahan terbatas.

Di masa mudanya, al-Zouari bergabung dengan Gerakan Ennahda, melalui perannya sebagai aktivis di 'Persatuan Umum Mahasiswa Tunisia,' yang mengakibatkan penganiayaan dari rezim Presiden Zaenal Abidine Ben Ali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)