alexametrics

Ini Objek Foto Luar Angkasa Terjauh dalam Sejarah Manusia

Ini Objek Foto Luar Angkasa Terjauh dalam Sejarah Manusia
Tampak sepasang objek gambar terjauh dari Bumi yang berhasil dibidik oleh pesawat luar angkasa New Horizons. Foto/NASA
A+ A-
WASHINGTON - National Aeronautics and Space Administration (NASA) menerbitkan sepasang gambar yang diambil oleh pesawat ruang angkasa New Horizons. Objek gambar terlihat dengan latar belakang warna ungu cerah, biru, dan hijau kuning.

Dilansir dari laman Slash Gear, Minggu (11/2/2018), gambar tersebut diambil oleh New Horizons Long Range Reconnaissance Imager, yang juga disebut LORRI. Itu adalah gambar terjauh dari Bumi yang pernah diambil oleh pesawat ruang angkasa, atau memecahkan rekor "terjauh" terakhir yang dibuat oleh Voyager 1 sekitar 27 tahun lalu.

Dengan menggunakan LORRI, New Horizons berhasil mengambil gambar beberapa benda Kuiper Belt (KBO), serta planet kerdil, termasuk 2012 HE85 dan 2012 HZ84 KBO yang ditunjukkan pada gambar di atas. NASA menggambarkan mereka sebagai "gambar dengan warna palsu" dan menjelaskan bahwa objek diambil pada bulan Desember 2017.

New Horizons memecahkan rekornya sendiri dengan mengambil gambar dari dua KBO yang ditunjukkan di atas. Benda-benda itu ditangkap hanya sehari setelah New Horizons membuat rekaman pertamanya dengan mengambil potret "Wishing Well" sementara sejauh 3,79 miliar mil dari Bumi. Sebagai perbandingan, Voyager 1 berjarak 3,75 miliar mil dari Bumi saat menangkap gambar "Pale Blue Dot".

New Horizons Principal Investigator, Alan Stern mengatakan, New Horizons telah lama menjalani misi pertamanya mengeksplorasi Pluto, lalu menjadi perintis dalam mengeksplorasi Sabuk Kuiper, dan ini adalah pesawat ruang angkasa tercepat yang pernah diluncurkan. Dan sekarang, kita bisa membuat gambar lebih jauh dari Bumi daripada pesawat ruang angkasa dalam sejarah," ucapnya.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top