Fitur Facebook Gaming di iOS Beda dengan Android

loading...
Fitur Facebook Gaming di iOS Beda dengan Android
Ilustrasi Facebook. FOTO/ IST
JAKARTA - Seperti yang dijanjikan, Facebook telah merilis aplikasi Gaming-nya di iOS. Namun sepertinya perilisan tersebut tidak disambut baik penggunanya.

Alasannya, aplikasi Facebook Gaming tidak memiliki game sama sekali di iPhone dan iPad yang seharusnya ada di dalam aplikasi tersebut.(Baca juga:Microsoft Sekarang Nafsu Ingin Kuasai Operasi TikTok di Seluruh Dunia)

Adanya aturan ketat yang diterapkan Apple, aplikasi Gaming dari Facebook hanya dapat digunakan sebagai aplkasi streaming dan platform sosial saja. Padahal, ada sejumlah game yang disertakan dalam aplikasi tersebut.

“Sayangnya, kami harus menghapus fungsionalitas game sepenuhnya untuk mendapatkan persetujuan Apple pada aplikasi Facebook Gaming mandiri - yang berarti pengguna iOS memiliki pengalaman yang lebih rendah dari pada mereka yang menggunakan Android,” kata COO Facebook Sheryl Sandberg dalam sebuah pernyataan dikutip dari Engadget, Senin (10/8/2020).

Facebook awalnya berencana meluncurkan aplikasi iOS pada waktu yang sama dengan aplikasi Android yakni pada April lalu. Namun, Apple berkali-kali menolaknya karena melanggar aturan App Store-nya pada perangkat lunak pihak ketiga. Aturan itu menyatakan bahwa game HTML5 diizinkan selama distribusi kode bukan tujuan utama aplikasi.



Facebook membantah bahwa sekitar 95 persen aktivitas aplikasi di Android berasal dari menghosting dan menonton streaming game, jadi game itu sendiri bukanlah tujuan utama aplikasi.

Perusahaan itu sendiri sempat mengajukan banding atas penolakan tersebut, tetapi Apple mengabaikannya. Jadi Facebook memilih untuk tetap meluncurkan aplikasi sambil memberi tahu pengguna apa yang terjadi.

Dengan demikian, Go Live dan fitur sosial lainnya tetap ada, namun game HTML5 biasa yang dapat pengguna Android mainkan tidak dapat ditemukan di iOS.
(wbs)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top