alexametrics

Rancang Smart Speaker, Facebook Mulai Rambah Industri Hardware

loading...
Rancang Smart Speaker, Facebook Mulai Rambah Industri Hardware
Rancang Smart Speaker, Facebook Mulai Rambah Industri Hardware
A+ A-
MENLO PARK - Smart speaker atau speaker pintar saat ini sudah menjadi salah satu perangkat baru yang laris manis secara global. Dirintis oleh Amazon melalui Amazon Echo pada 2015 lalu, melalui asisten virtual, pemilik dapat memanfaatkan speaker pintar untuk mengendalikan peralatan cerdas di rumahnya.

Bukan itu saja, speaker pintar juga berkemampuan memainkan musik, memesan pizza, menelepon, mengirim pesan, menginformasikan skor olahraga, mendengarkan berita/cuaca, dan lain sebagainya.

Laman Digitimes, Senin (19/2/2018) melaporkan, begitu Amazon Echo dan asisten virtual Alexa-nya diterima dengan baik oleh publik, perusahaan teknologi lainnya mulai menawarkan versi perangkatnya sendiri-sendiri. Google merilis seri Home yang menampilkan Google Assistant, Microsoft meluncurkan Invoke with Cortana dan awal bulan ini Apple HomePod mulai dipasarkan dengan Siri.

Samsung konon juga bisa bekerja pada smart speaker buatannya sendiri yang akan menampilkan Bixby. Jumlah speaker pintar yang dikirimkan tahun ini secara global diperkirakan akan berlipat ganda dari pengiriman tahun lalu yang mencapai lebih dari 50 juta unit.

Sekarang Facebook ikut-ikutan mengikuti tren ini. Perusahaan media sosial tersebut bahkan diinformasikan telah menguji dua kode smart speaker bernama Aloha dan Fiona.

Rancang Smart Speaker, Facebook Mulai Rambah Industri Hardware


Menurut sebuah laporan yang baru diterbitkan, kedua model tersebut akan menampilkan layar sentuh berukuran 15 inci yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan teman dan keluarga melalui obrolan video. Facebook mendatangkan panelnya dari LG Display dan keduanya dirakit oleh produsen kontrak, Pegatron.

Facebook dikabarkan telah menandatangani kesepakatan lisensi musik dengan Sony dan Universal Music untuk menyediakan kontennya. Dengan menawarkan layar besar seperti itu, Facebook akan menantang model Echo terlaris Amazon, Amazon Echo Show yang terakhir hadir dengan layar 7 inci.

Model dengan kode nama Aloha akan dijual sebagai Portal. Menurut sumber industri, model ini memiliki lebih banyak fungsi media sosial daripada unit dengan kode nama Fiona.

Aloha juga akan menawarkan pengenalan wajah melalui penggunaan kamera sudut lebar di bagian atas unit. Ini akan memungkinkan pengguna perangkat segera masuk ke Facebook dengan menggunakan tampilan wajahnya.

Awalnya speaker pintar itu dijadwalkan dirilis pada Mei besok. Tetapi Facebook telah mendorong peluncurannya sampai bulan Juli mendatang. Facebook ditenggarai menginginkan lebih banyak waktu untuk menyempurnakan akustik dari para pembicara cerdasnya itu.
(mim)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak