6 Langkah Memotret Melawan Arah Matahari

Selasa, 20 Februari 2018 - 14:15 WIB
6 Langkah Memotret Melawan Arah Matahari
6 Langkah Memotret Melawan Arah Matahari
A A A
DALAM pemotretan lanskap atau pemandangan di luar ruangan, matahari bisa menjadi sahabat sekaligus tantangan buat kita para fotografer, terutama saat kita sedang berwisata dan tidak memiliki fleksibilitas dalam mengatur waktu pemotretan untuk menyesuaikan saat arah matahari bersinar dari sudut yang dikehendaki.

Sering kali kita dihadapkan pada kondisi di mana letak subjek bidikan kita berada di antara posisi matahari dan tempat kita memotret sehingga kita terpaksa harus memotret melawan arah matahari dengan kondisi backlighting pada subjek bidikan kita. Dalam kondisi seperti ini, kita tetap bisa berkreasi dengan pengaturan kamera dan komposisi bidikan kita agar hasil foto kita tetap terlihat menarik meskipun berada pada posisi backlighted. Berikut langkah-langkahnya:


  • Masukkan bayangan subjek kita ataupun elemen bayangan lain di sekitarnya ke dalam komposisi bidikan foto untuk menciptakan corak kontras yang menarik.

  • Atur bukaan lensa/aperture pada bukaan kecil agar pendaran cahaya matahari tidak terlalu melebar dan detail di sekitar matahari tidak terlalu banyak yang hilang/washed out. Gunakan mode Av pada kamera Canon yang menyediakan fitur pengaturan bukaan lensa/aperture oleh pengguna.

  • Naikkan exposure compensation agar subjek bidikan kita tidak menjadi terlalu gelap karena kamera otomatis akan menggelapkan subjek bidikan untuk mengakomodasi area sekitar matahari yang sangat terang.

  • Pastikan titik fokus dikunci pada subjek bidikan kita, bukan pada bayangan subjek.

  • Gunakan fitur HDR jika kamera yang kita gunakan menyediakan fitur tersebut. Fitur auto lighting optimizer pada sejumlah kamera Canon juga bisa diaktifkan agar kamera dapat lebih menerangkan area subjek bidikan pada kondisi pencahayaan kontras seperti ini.

  • Bagi pengguna kamera digital yang memiliki jendela bidik/viewfinder, membidik lewat viewfinder akan terasa lebih nyaman dan jelas dibandingkan membidik dari layar monitor LCD kamera yang pasti akan terlihat lebih silau.


Selamat memotret!

Sintra Wong
Division Manager Canon Image Communication Product Div. PT Datascrip.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9221 seconds (0.1#10.140)