Lantik 267 Bintara di Sultra, Ini Pesan Irjen Pol Teguh Pristiwanto

Minggu, 24 Desember 2023 - 18:39 WIB
loading...
Lantik 267 Bintara di Sultra, Ini Pesan Irjen Pol Teguh Pristiwanto
Setelah menjalani pendidikan selama kurang lebih lima bulan, 267 siswa SPN Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) Angkatan ke-50/Abhinaya Purusottama dilantik. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Setelah menjalani pendidikan selama kurang lebih lima bulan, 267 siswa SPN Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) Angkatan ke-50/Abhinaya Purusottama dilantik dan diambil sumpahnya sebagai anggota Polri dengan pangkat Bripda.

Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Inspektur Upacara Kapolda Sultra, Irjen Pol Teguh Pristiwanto, di Sultra pada 21 Desember 2023.

Dalam upacara tersebut, Kapolda membacakan amanat Kalemdiklat Polri yang menekankan, dengan selesainya pendidikan Bintara dan Tamtama diseluruh Lemdik Polri, maka Polri telah menambah Bintara dan Tamtama sejumlah 15.419 orang yang terdiri dari 14.771 polisi laki-laki dan 648 polisi wanita.

Jumlah tersebut terbagi dalam 13.226 Ba Polisi Tugas Umum, 500 Ba Brimob, 100 Ba Polair, 1.497 Ta Brimob, dan 96 Ta Polair.

"Telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara negara, di mana setiap sikap, tutur kata, dan perilaku akan menjadi tauladan bagi masyarakat," kata Irjen Pol Teguh Pristiwanto dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).

Diimbuhkan pula, bahwa tugas Polri semakin berat dan kompleks ke depannya, dimana kondisi ini dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan strategis yang sangat pesat, ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Apalagi, Indonesia saat ini menjelang Pemilu sehingga dituntut sosok Polri yang proaktif melalui berbagai upaya preemtif, preventif, maupun penegakan hukum, sehingga kamtibmas dapat terus terjaga serta masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktifitas kehidupannya sehari-hari," tegas Kapolda Sultra.

Pada kesempatan upacara tersebut, Kapolda memberikan penghargaan kepada tiga Bintara Remaja berprestasi yaitu dari Aspek Cendekia (terbaik akademik) diberikan kepada Bripda Rafly Ahnaf Febriansah asal pengiriman Polres Muna, Aspek Tanggon (tertabah) diberikan kepada Bripda Muh Albustanul Atfal asal pengiriman Polres Bau-Bau, dan Aspek Trengginas (terbaik jasmani) diberikan kepada Bripda Susilo Mappoji asal pengiriman Polres Konawe.

Di akhir upacara, diberikan pula buket bunga oleh PJ Ketua Bhayangkari Daerah Sultra, Yuli Dwi Irianto kepada dua Bintara Remaja yang selama pendidikan ditinggal orangtuanya karena meninggal dunia.

Dalam suasana yang haru tersebut, Yuli Dwi Irianto menyampaikan pesan kepada Bripda Arya Bimantara asal pengiriman Kota Kendari yang pada tahun 2007 ditinggal ayahnya Bripda Kiky Pepsy karena meninggal dunia dan disusul pada bulan September lalu ibunya almarhumah Agustiani, serta kepada Bripda Asri Jaya asal pengiriman Polres Kolut yang ayahnya H Rasakke meninggal dunia tiga hari sebelum penutupan pendidikan, untuk tetap tegar dan kuat dalam menghadapi situasi apapun, karena mereka sudah memenuhi janjinya untuk dapat lulus dalam pendidikan ini.

Mengakhiri rangkaian penutupan pendidikan tersebut, pada hari Jumat tanggal 22 Desember 2023, ke-267 Bintara Remaja dilepas oleh Ka SPN Polda Sultra Kombes Pol Arri Vaviriyantho bersama ibu Kecab Bhayangkari SPN Polda Sultra Dita Arri, bersama Pejabat Utama, staf dan bhayangkari SPN Polda Sultra menuju Polda Sultra untuk diserahkan kepada Biro SDM Polda Sultra guna menerima Skep Penempatan dan surat cuti pendidikan.

Dalam kesempatan ini, Kombes Pol Arri Vaviriyantho menyampaikan kepada para Bintara Remaja untuk bekerja dengan ikhlas, cerdas, dan tuntas, karena mulai saat ini mereka adalah sosok mandiri yang harus bisa menentukan langkah dalam mengembangkan karier ke depannya.

"Selain itu, jangan turunkan martabat Kepolisian hanya karena berbuat tindakan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri," tutup Arri Vaviriyantho.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3226 seconds (0.1#10.140)