April, California Izinkan Mobil Otonom Mengaspal di Jalanan Umum

Minggu, 25 Februari 2018 - 19:30 WIB
April, California Izinkan Mobil Otonom Mengaspal di Jalanan Umum
April, California Izinkan Mobil Otonom Mengaspal di Jalanan Umum
A A A
SACRAMENTO - California bisa menjadi wilayah pertama di dunia yang mengizinkan mobil otonom beroperasi secara legal di jalan-jalan umum.

Laman Android Headlines, Minggu (25/2/2018) melaporkan, Departemen Kendaraan Bermotor setempat telah memberik lampu hijau bagi mobil otonom dengan pengawasan driver manusia secara jarak jauh untuk mengaspal di jalan umum pada awal April nanti.

Berdasarkan keterangan Reuters, Juru Bicara Departemen Kendaraan Bermotor Califoria, Jessica Gonzalez mengatakan, semua kendaraan penggerak sendiri yang saat ini sedang diuji di negara bagian tersebut memiliki driver manusia yang hadir secara fisik di dalamnya. Driver ini menjadi backup atau sopir cadangan, tapi ada kemungkinan satu operator akan memantau beberapa kendaraan secara jarak jauh.

Sopir cadangan ini bisa mengendalikannya jika diperlukan. Lembaga kepatuhan hukum California menyetujui peraturan baru yang memungkinkan dilakukannya percobaan semacam itu besok (Senin, 26/2/2018). Hal itu guna membuka jalan bagi Departemen Kendaraan Bermotor Califoria mengeluarkan pemberitahuan publik mengenai rencana ini pada 1 Maret nanti. Lalu mereka mulai menerima pemohon yang tertarik untuk menguji kendaraan yang benar-benar tanpa sopir selama 30 hari berikutnya.

Jika situasi berkembang sesuai dengan perkiraan roadmap, Departemen Kendaraan Bermotor California dapat mengeluarkan izin pengujian pertama pada 2 April.

Dua kendaraan tanpa sopir yaitu Alphabet Waymo dan Nissan sudah mengajukan permohonan agar teknologi tanpa driver-nya disetujui untuk pengujian publik. Sejumlah startup seperti Phantom Auto, Starsky Robotics, dan Zoox juga telah mengembangkan layanan serupa dan mungkin mendapat manfaat dari peraturan yang dilonggarkan ini.

Kendaraan otonom penuh tanpa sopir cadangan manusia masih belum diizinkan untuk diuji di jalan umum di negara bagian tersebut. Uber adalah salah satu dari self-drivinging yang hadir di California, tapi saat ini belum jelas apakah perusahaan tersebut sudah memiliki sistem kontrol kendaraan jarak jauh yang sejenis.

Perkembangan ini menandai satu lagi langkah besar menuju komersialisasi kendaraan penggerak sendiri. Waymo diketahui baru-baru ini memiliki platform pengendaraan otomatis yang disetujui di Arizona.

Pengendara otonom secara keseluruhan masih dalam tahap awal sejauh menyangkut kerangka peraturan, tetapi teknologinya sendiri sudah meningkat pesat.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7396 seconds (0.1#10.140)