Mazda Klaim Bikin Mesin Lebih Bersih dari Tenaga Listrik

Rabu, 07 Maret 2018 - 09:01 WIB
Mazda Klaim Bikin Mesin Lebih Bersih dari Tenaga Listrik
Mazda Klaim Bikin Mesin Lebih Bersih dari Tenaga Listrik
A A A
TOKYO - Disaat semua produsen automotif berlomba-lomba siapkan mobil listrik, Mazda justru terus berinovasi dengan mesin bensin dan diesel. Bahkan Mazda mengklaim mesin hasil inovasinya itu lebih bersih dari mobil listrik.

Di antara teknologi terbaru yang diperkenalkan Mazda adalah teknologi "ignition kompresi kompresi ignition" di mesin Skyactiv-X nantinya.

Menurut Automotive News, Mazda juga mulai meneliti mesin bensin baru mereka, Skyactiv-3 dimana akan menjadi lebih bersih untuk kendaraan listrik.

Kepala Powertrain Mazda, Mitsuo Hitomi mengatakan bahwa tujuan utama mesin SkyActiv-3 adalah untuk meningkatkan efisiensi thermal mesin menjadi sekitar 56 persen.

Jika ini berhasil, mesin SkyActiv-3 akan menjadi mesin pembakaran internal pertama yang mampu mengkonversi lebih banyak dari pada daya bakar ke
Energi yang bisa dipakai, tidak membuang energi seperti gesekan dan panas.

Untuk saat ini, mesin yang paling efisien adalah mesin yang digunakan oleh tim Mercedes-AMG Formula 1 dengan efisiensi 50 persen.

Mazda juga mengatakan target 56 persen tersebut merupakan peningkatan 27 persen efisiensi mesin Mazda saat ini.

Pengakuan Mazda atas teknologi Skyactiv-3 lebih bersih dari pada kendaraan listrik berdasarkan konsep polusi "sumur-ke-roda" dimana sebagian besar sumber energi dihasilkan oleh penggunaan energi listrik dari bahan bakar diesel.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6560 seconds (0.1#10.140)