Presiden AS Kena Semprot Pabrikan Mobil Eropa

Rabu, 07 Maret 2018 - 15:01 WIB
Presiden AS Kena Semprot Pabrikan Mobil Eropa
Presiden AS Kena Semprot Pabrikan Mobil Eropa
A A A
WASHINGTON - Brand mobil Eropa yang bermarkas di Amerika Serikat (AS) mengeluhkan kebijakan baru Presiden AS Donald Trump. Orang nomor satu di AS itu menetapkan tarif impor baja sebesar 10% dan tarif impor alumunium 25%.

Seperti dilansir dari The Washington Post, Rabu (7/3/2018), penetapan tarif impor baru dimaksudkan untuk melindungi industri dalam negeri AS. Selain itu, ini juga menjadi upaya mengerem tarif impor baja dan aluminium yang masuk ke Negeri Paman Sam.

Kebijakan Trump pun mengundang reaksi keras dari industri automotif, terutama produsen mobil yang berasal dari luar AS. Contohnya BMW yang memiliki pabrik di wilayah South Carolina, Volkswagen di Tennesse, dan Mercedes-Benz di Alabama.

Para produsen mobil tersebut menganggap kebijakan yang ada sangat memberatkan. Padahal pabrik BMW di South Carolina disebut menyumbang kegiatan ekspor mobil terbesar dari AS.

Tidak hanya itu, produsen mobil beberapa negara pun ikut bereaksi. Dikhawatirkan negara-negara mitra dagang akan melakukan tindakan balasan kepada Pemerintah AS.

Misalnya China yang merupakan eksportir baja terbesar dan diikuti oleh Brasil dan Korea Selatan. Dan dampaknya tentu saja akan berbuntut panjang bagi perekonomian, khususnya industri Automotif AS.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7902 seconds (0.1#10.140)