Waspada! Ini Tanda Ponsel Anda Disadap

Senin, 10 Agustus 2020 - 17:00 WIB
loading...
Waspada! Ini Tanda Ponsel Anda Disadap
Ilustrasi pengguna ponsel pintar. FOTO/ IST
A A A
NEW YORKHQ - Mengenali tanda-tanda ponsel disadap tidaklah mudah. Apalagi jika disadap dengan alat yang canggih dan tidak mudah terdeteksi.

Pakar keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya, mengatakan, kalau dari sisi software, asumsinya disadap pakai software lebih mudah di deteksi. Namun, jika menyadapnya level jaringan akan sulit untuk di deteksi. BACA JUGA - China Lebih Maju, Bill Gates Ketakutan Microsoft Beli TikTok

"Kalau ada aplikasi penyadap biasanya HP jadi agak aneh, misal baterai mendadak jadi cepat habis, data terpakai meskipun HP tidak sedang aktif, HP mendadak lemot atau menurun performa nya," ujarnya kepada SINDOnews melalui pesan singkat, Senin (10/8/2020). BACA JUGA - Juragan Bytedance dan Pendiri TikTok Alumni Microsoft, China Merem Hadapi AS

Sementara itu dikutip dari laman bullguard, ada bebera tanda yang prlu menunjukan adanya penyadapan oleh pihak tertentu pada ponsel Anda.

1. Suara-suara tidak jelas.

Anda perlu waspada jika ada suara klik atau suara stasi yang jauh masuk ke ponsel selama percakapan, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang diintip.

Mungkin zaman dulu suara seperti itu wajar karena terkait jaringan. Namun di era sekarang di mana ponsel menggunakan jaringan digital, maka jika ada suara-suara aneh tersebut ada kemungkinan ponsel Anda telah disadap.

2. Penurunan daya baterai

Indikasi lain ponsel yang disadap adalah kinerja baterai yang berkurang. Jika ponsel disadap, mereka akan merekam aktivitas ponsel dan mengirimkannnya ke pihak ketiga. Cara tersebut akan meninggalkan jejak berupa peningkatan penggunaan baterai dan akibatnya baterai kehilangan daya lebih cepat.

3. Ponsel menunjukkan aktivitas saat tidak digunakan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)