Lima Saran Berguna saat Anda Memilih Kamera DSRL

Minggu, 11 Maret 2018 - 08:05 WIB
Lima Saran Berguna saat Anda Memilih Kamera DSRL
Lima Saran Berguna saat Anda Memilih Kamera DSRL
A A A
JAKARTA - Kamera DSLR terkenal berat di dompet. Karena itu, calon konsumennya harus pandai memilih perangkat fotografi tersebut.

Untuk memilih kamera DSRL yang tepat, berikut ini lima saran berguna yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan pemilihan perangkat. "Pemilihan perangkat harus benar dan tepat agar tidak menyesal dikemudian hari mengingat investasinya yang cukup besar," ungkap Yase Defirsa Cory - Marketing Manager Canon Image Communication Product Div. PT Datascrip kepada SINDOnews, Minggu (11/3/2018).

Pertama, desainnya harus kokoh, portabilitas, fitur yang bersahabat dan mudah digunakan. "Kenyamanan dalam menggunakan menjadi faktor penentu, karena apabila kamera nyaman dipakai tentu fotografernya hanya tinggal berkreasi dengan kemampuan fotografinya," ucap Yase Defirsa.

Kenyamananan ini meliputi desain yang pas dan kokoh dalam genggaman, tidak terlalu berat tapi juga tidak terlalu ringan. Tujuannya agar stabil saat harus memotret handhled.

"Fitur yang bersahabat tentu akan semakin memudahkan penggunanya dalam memaksimalkan kamera yang mereka miliki," imbuhnya.

Kedua, ukuran sensor menentukan kualitas gambar. "Secara umum, ukuran sensor yang lebih besar menghasilkan kualitas gambar yang lebih tinggi. Sebab mampu menangkap informasi cahaya yang lebih banyak. Semua kamera DSLR Canon EOS dibuat dengan sensor ukuran APS-C dan Full Frame yang menjamin kualitas yang lebih baik," katanya berpromosi.

Ketiga, pengoperasian layar sentuh dan layar LCD fleksibel. Dikatakannya, kamera dengan layar sentuh sangat membantu fotografer, baik dalam hal pengoperasian kamera maupun mengakses menu.

"LCD kamera yang fleksibel juga sangat membantu fotografer saat harus mengambil gambar dengan angle yang sulit. Saat ini ada 2 tipe LCD yang fleksibel di kamera,yaitu tipe Tilt dan Vari-angle," tutur Yase Defirsa.

Dari ke dua tipe tersebut LCD tipe vary angle seperti yang terdapat pada kamera DSLR EOS 800D lebih fleksibel. Sehingga memudahkan pengguna karena LCD nya bisa diputas 360 derajat.

Keempat, pilihan lensa dan aksesoris yang lengkap. Menurut dia, kamera DSLR dengan pilihan lensa dan aksesoris lengkap menjadi pilihan yang tepat saat memulai menjadi fotografer. Karena dengan pilihan lensa yang banyak memudahkan fotografer menyesuaikan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

"Begitu pula dengan aksesoris. Canon sendiri menawarkan lebih dari 80 jenis pilihan lensa berikut dengan aksesorisnya seperti speedlite, transmitter untuk mendukung fotografer untuk menghasilkan karya yang menawan," tambahnya.

"Saran kelima adalah konektisivitas. Kamera yang memiliki fitur konektivitas WiFi dan NFC saat ini lebih disukai oleh fotografer. Alasannya memudahkan mereka mentransfer foto dari kamera ke smartphone/tablet yang kemudian dapat langsung diunggah di media sosial atau ditunjukkan ke kliennya," pungkas Yase Defirsa.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8930 seconds (0.1#10.140)