Awas, Apple Watch Picu Panggilan Darurat Secara Tidak Disengaja

Senin, 19 Maret 2018 - 17:22 WIB
Awas, Apple Watch Picu Panggilan Darurat Secara Tidak Disengaja
Awas, Apple Watch Picu Panggilan Darurat Secara Tidak Disengaja
A A A
CUPERTINO - Fitur SOS Apple dirancang agar penggunanya mendapatkan bantuan dengan cepat saat ada keadaan darurat. Pada iPhone 8, iPhone 8 Plus, atau iPhone X, caranya dengan menahan tombol samping dan salah satu tombol volume pada saat bersamaan.

Kemudian Anda akan melihat slide bar yang digunakan untuk mengaktifkan protokol Emergency SOS. Itu berarti panggilan telepon dilakukan ke petugas operator lokal 911, dan kontak darurat pengguna akan dikirimkan pesan teks yang mencakup lokasi pengguna saat itu.

Mereka yang memiliki model Apple iPhone 7 atau di bawahnya dapat mengaktifkan Emergency SOS dengan menekan tombol samping lima kali. Pengguna juga masih harus menyeret slider untuk membuat panggilan telepon ke 911.

Pada Apple Watch, menahan kepala perangkat bisa memicu panggilan darurat tanpa mengharuskan pengguna menyeret slider. Fitur ini tersedia dengan iOS 11 dan WatchOS 4.

Meskipun ini adalah sistem yang baik dalam teori, dalam kehidupan nyata pengguna Apple iPhone dan Apple Watch telah secara tidak sengaja memicu fitur ini. Misalnya, pemakai Apple Watch dengan nama Jason Rowley, yang menggunakan arloji untuk kemampuan pelacakan tidurnya, secara tidak sengaja menekan tombol mahkota pada jam tangan saat sedang tidur.

Ini akhirnya menjalankan layanan Emergency SOS dan jam 01.00, Rowley terbangun oleh tiga polisi yang memasuki kamarnya sebagai tanggapan atas panggilan 911 yang tidak disengaja. Polisi mengatakan, mereka memiliki pengalaman menanggapi panggilan yang dipicu saat Emergency SOS dinonaktifkan secara tidak sengaja di Apple Watch.

Dilansir dari Phone Arena, Senin (19/8/2018), pada bulan lalu pusat reservasi Apple bertanggung jawab atas 20 panggilan darurat yang salah dalam sehari. Apple pun mengakui masalahnya pada saat itu.

Jika Anda khawatir tidak sengaja membuat panggilan darurat dan tiba-tiba ada petugas keamanan menghampiri, Anda dapat mengurangi kemungkinan itu dengan melakukan penonaktifan. Caranya masuk ke menu Settings, lalu Emergency SOS dinonaktifkan Autocall-nya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9142 seconds (0.1#10.140)