alexametrics

Tips Memotret di Tengah Hujan Salju

loading...
Tips Memotret di Tengah Hujan Salju
Memotret di tengah hujan salju membutuhkan trik tertentu. FOTO/IST
A+ A-
PERJALANAN wisata ke negara-negara subtropis, terutama pada musim dingin, tentu sering diwarnai hujan salju. Bahkan, di sejumlah area pegunungan, hujan salju dapat terjadi sepanjang tahun.

Tentu hujan salju menjadi pemandangan menarik bagi kita yang tinggal di daerah tropis karena tidak pernah mengalaminya. Momen ini jangan sampai terlewat untuk diabadikan dengan kamera. Namun, kadang hasil foto jepretan kita saat berpose di bawah hujan salju terlihat kabur atau kurang menarik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan jepretan foto yang baik di tengah hujan salju.

1. Butiran salju yang turun berbentuk padat sehingga sering kali kamera salah mengunci titik fokus pada butiran salju yang berada lebih dekat dengan kamera dan menyebabkan subjek foto terlihat kabur/blurred.
Tips Memotret di Tengah Hujan Salju
Lihat contoh Foto 1, di mana kamera berfokus pada butiran salju di depan subjek. Karena itu, bagi pengguna kamera Canon, pastikan fitur face detect AF diaktifkan agar kamera memprioritaskan penguncian fokus pada wajah subjek foto. Untuk memastikan fokus kamera sudah tepat di wajah subjek, fungsi AF-point zoom juga bisa diaktifkan agar kita bisa melihat tampilan area fokus lebih jelas di layar LCD. Hindari pula pengaturan bukaan lensa/aperture yang terlalu besar karena fokus kamera rentan bergeser akibat butiran salju yang berjatuhan.

2. Pastikan kita menggunakan pengaturan kecepatan rana/shutter speed yang cukup tinggi untuk membekukan butiran salju yang turun. Jika kecepatan rana yang digunakan kurang tinggi, butiran salju yang turun akan membentuk bayangan garis-garis putih menutupi subjek foto pada hasil foto sehingga terlihat mengganggu.
Tips Memotret di Tengah Hujan Salju
Perhatikan garis-garis gerakan salju pada contoh Foto 2 yang terlihat mengganggu subjek foto. Dengan kecepatan rana/shutter speed yang memadai, butiran salju tidak akan membentuk bayangan garis pada hasil foto seperti yang terlihat pada contoh Foto 3.
Tips Memotret di Tengah Hujan Salju
Hindari penggunaan kamera ponsel. Sebab, umumnya kamera ponsel memotret dengan kecepatan rana/shutter speed rendah dan sulit diatur sesuai kebutuhan.

3. Pastikan kamera yang kita gunakan berkualitas tinggi dan memiliki ketahanan dalam pengoperasian di suhu rendah. Pasalnya, saat memotret di lingkungan berhujan salju, suhu udara pasti sangat rendah. Lepas dan simpan baterai kamera di saku baju yang menempel pada tubuh saat sedang tidak memotret untuk mencegah suhu baterai terlalu dingin dan tidak dapat digunakan untuk memotret. Selamat memotret!

Sintra Wong
Division Manager Canon Image Communication Product Div. PT Datascrip
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak