alexametrics

Berlabel TY-E, Yamaha Pastikan Kehadiran Skutik Roda Tiga

loading...
Berlabel TY-E, Yamaha Pastikan Kehadiran Skutik Roda Tiga
Sukses menciptakan motor roda tiga Niken, Yamaha resmi mengajukan paten dengan merek dagang TY-E dan sekaligus akan mengembangkan sepeda motor listrik roda tiga. FOTO/ DOC Yamaha
A+ A-
TOKYO - Sukses menciptakan motor roda tiga Niken, Yamaha resmi mengajukan paten dengan merek dagang  TY-E dan sekaligus akan mengembangkan sepeda motor listrik roda tiga.

Menurut aplikasi Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa, nama TY-E  "Sepeda motor jenis skuter, bebek,  sport roda tiga dan skuter roda tiga,”



Motor ini  terfokus ke mesin  listrik hanya dengan penamaan khusu Yamaha. Sama seperti 'YZF' yang secara eksklusif digunakan  untuk olahraga trail dan 'XT' berarti mesin bergaya petualangan, namun 'TY' masih belum bisa digali lebih detail. Namun kode  'E' biasa untuk motor bertenaga 'listrik'.

Sebelumnya Presiden dan CEO Yamaha Yoshihiro Hidaka mengatakan: "Perusahaan kami sedang mengerjakan berbagai inisiatif dengan tema dunia mobilitas global yang berkembang dalam rencana paruh waktu saat ini. Ini adalah jajaran produk dari LMW yang bersandar multi roda, mulai dari skutik hingga sport" tutur Yoshihiro Hidaka seperti dilansir dari  Visordown.

"Sejak peluncuran  Tricity pada tahun 2014 kami melanjutkan kegiatan di Tokyo Motor Show tahun lalu kami telah menghadirkan model  Niken, yang akan diluncurkan di pasaran tahun ini. Tidak hanya sebatas dua model ini kita akan memperluas basis pelanggan dengan nilai LMW yang baru."

Dibekali sasis MT-09, motor ini menggabungkan desain agresif naked bike dengan sepasang roda depan. Kedua roda depan pun bisa bergerak independen dan masing-masing roda depan dengan sepasang suspensi.

"Ini leaning multi-wheeler (LMW) bermesin besar. Teknologi yang ada pada LMW mampu mengurangi efek perubahan jalan dan memberikan stabilitas tinggi ketika berbelok," tulis Yamaha,

Secara dimensi, motor ini punya postur panjang 2.150 mm, lebar 885 mm dan tinggi 1.250 mm. Mesinnya tiga silinder segaris, 4-tak, DOHC, pendingin cairan dengan teknologi crossplane.

Sebagai informasi, nama Niken sendiri merupakan penggabungan dua bahasa Jepang. Ni berarti dua, dan Ken adalah pedang. Sedangkan peluncuran Yamaha Niken sendiri baru akan dilakukan pada November mendatang di Milan Motorcycle Show.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak