alexametrics

Kasta Tertinggi Sedan Premium

loading...
Kasta Tertinggi Sedan Premium
Kasta Tertinggi Sedan Premium. (Istimewa).
A+ A-
MERCEDES-Maybach S650 Pullman menjadi varian tertinggi yang dibuat Mercedes-Maybach. Apa keistimewaan mobil yang panjangnya nyaris mencapai 7 meter tersebut?

Jika Anda menganggap Mercedes-Benz dan Mercedes- Maybach itu sama, Anda salah besar. Mercedes-Maybach memang ada dalam keluarga besar Mercedes-Benz. Bedanya, Mercedes-Maybach membuat mobil flagship Mercedes-Benz, yakni Mercedes-Benz S-Class menjadi lebih berkelas. Kenyataannya, Mercedes- Maybach enggan berpuas diri. Kini mereka menghadirkan varian baru di keluarga Mercedes-Maybach yang lebih mewah dan wah . Namanya Mercedes-Maybach S650 Pullman.

Dari namanya, teridentifikasi basis mobil ini adalah Mercedes-Benz S-Class dengan mesin V12 dengan kapasitas silinder 6,5 liter. Model ini kemudian dibuat supermewah karena memiliki label Mercedes-Maybach. Kemudian, level kemewahan itu diangkat lebih tinggi lagi karena mengusung nama Pullman. Lalu, apa keistimewaan label Pullman tersebut? Jelas yang paling mudah terlihat adalah dimensinya. Varian Mercedes- Maybach Pullman membuat mobil ini terlihat lebih seperti limosin. Mobil ini memang sangat panjang karena mencapai 6,5 meter. Panjang mobil ini lebih panjang 41 inci dibandingkan Mercedes-Maybach biasa.

Saking panjangnya malah mengalahkan panjang mobil Rolls-Royce paling panjang, yakni Rolls-Royce Phantom VIII Extended Wheelbase. Mercedes-Maybach S650 Pullman lebih panjang 20 inci dibandingkan mobil supermewah buatan Goodwood tersebut. Dari segi ukuran, mobil ini malah layak bersanding dengan mobil dinas Presiden Amerika Serikat Donald Trump, The Beast, yang panjangnya mencapai 7,5 meter.



Karena menjadi varian paling mewah dari keluarga Mercedes-Maybach, mobil ini mendapatkan sentuhan khusus. Salah satu yang membedakan adalah gril yang sangat berbeda dengan Mercedes-Maybach biasa. Gril di Mercedes-Maybach memang masih terkesan seperti Mercedes-Benz SClass, sedangkan gril Mercedes- Maybach S650 Pullman hadir dengan desain yang lebih baru.

Mercedes- Maybach mengatakan gril ini diambil dari gril mobil konsep Vision Maybach 6 Concept Coupe. Hanya, jika lebih teliti, sebenarnya gril vertikal yang diadopsi mobil ini pernah digunakan di Maycbach Landaulet yang dulunya disuntik mati oleh holding Mercedes-Benz, Daimler. Agar tongkrongannya lebih gagah, Mercedes-Maybach S650 Pullman diberikan ban berukuran 20 inci. Peleknya juga berbeda dengan desain khusus palang 10 yang superelegan.

Nah, selain update di sektor eksterior, mobil ini juga berusaha semaksimal mungkin memanjakan penumpang. Meski berbentuk limosin, nyatanya mobil ini didedikasikan hanya untuk dua penumpang. Jadi, jangan harap ada lebih dari dua orang bisa berada di mobil ini, meski ukurannya sangat panjang.

Dua kursi belakang didesain untuk memberikan kenyamanan berkelas dengan paduan warna interior magma silver, mahogany brown , dan silk beige. Masing-masing penumpang juga mendapatkan privasi karena terdapat penyekat ruang. Meski begitu, kursi kedua penumpang ini juga bisa disetel saling berhadapan yang diatur secara elektrik. Privasi penumpang belakang juga terjaga karena pihak pabrikan menyediakan sekat dengan pengemudi. Namun, penumpang tetap bisa melihat kondisi lalu lintas di depan melalui dua layar monitor.

Mercedes-Maybach Pullman juga menyediakan perangkat hiburan yang lebih personal. Sistem pengoperasiannya bisa dilakukan secara terpisah atau independen. Jadi, pengemudi dan penumpang bisa memilih sendiri lagu kesukaan yang ingin didengarkan.

Mobil yang sudah resmi dijual pada Kamis (15/3) ini dibekali mesin V12 biturbo berkapasitas 6.000 cc. Meski punya tubuh yang panjang, akselerasinya dari 0-100 km/jam bisa dicapai dalam waktu 6,5 detik berkat tenaga yang dihasilkan sebesar 630 hp. Peminat Mercedes- Maybach Pullman bisa menebus unitnya dengan harga 500.000 euro atau sekitar Rp8,4 miliar. (Wahyu Sibarani)
(nfl)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak