Presiden Macron Tunjuk Politikus 34 Tahun Jadi PM Termuda

Rabu, 10 Januari 2024 - 06:48 WIB
loading...
Presiden Macron Tunjuk Politikus 34 Tahun Jadi PM Termuda
Gabriel Attal ditunjuk Presiden Prancis Emmanuel Macron sebagai PM. Foto/Reuters
A A A
PARIS - Dengan menunjuk pemuda berbakat politik Gabriel Attal yang berusia 34 tahun sebagai perdana menteri (PM), Presiden Prancis Emmanuel Macron menunjukkan apa yang ia harapkan sebagai pemenang untuk mengalahkan kelompok sayap kanan. Itu sebagai strategi di tengah merosotnya popularitas Macron menjelang pemilihan parlemen Eropa pada bulan Juni. .

Seperti negara-negara lain di Eropa, kelompok sayap kanan Prancis mendapat keuntungan dari krisis biaya hidup, imigrasi yang tidak terkendali, dan kebencian terhadap kelas politik yang gagal didekatkan Macron kepada masyarakat umum meski berjanji untuk mengubah politik pada tahun 2017.

Tapi Marine Le Pen juga unggul dalam persaingan dengan menempatkan bintangnya yang sedang naik daun, Jordan Bardella, yang berusia 28 tahun, sebagai pemimpin tim kampanye Eropa, saat Rassemblement National (RN)-nya unggul 10 poin dari Renaisans sentris Macron dalam jajak pendapat.

Para ahli strategi Macron semakin khawatir dengan popularitas Bardella dalam beberapa pekan terakhir.

Sebuah video yang memperlihatkan anggota parlemen muda yang menerima perlakuan seperti bintang rock di pasar makanan oleh kerumunan penggemar yang meminta selfie pada akhir November mendapat peringatan di kubu Macron, sebuah sumber yang mengetahui pemikiran presiden mengatakan kepada Reuters.

“Presiden mengatakan kami sangat membutuhkan seseorang untuk menghadapi Bardella,” kata sumber itu, dilansir Reuters.

Attal, 34, yang merupakan perdana menteri termuda di Prancis, memiliki kaliber yang sama dengan Macron. Dia adalah seorang komunikator yang lancar, ahli dalam berdebat di parlemen dan di acara radio, dan telah menunjukkan kemampuan untuk memanfaatkan peluang politik dan memenangkan hati para pemilih konservatif seperti Macron.

“Itu adalah kartu terbaik yang dimiliki presiden,” kata jajak pendapat IFOP Jerome Fourquet di BFM TV. “Dia ingin melawan kebangkitan Bardella, terutama mengingat peristiwa politik besar akhir tahun ini, pemilu Eropa.”

Sebagai menteri pendidikan, langkah pertamanya adalah melarang penggunaan pakaian abaya di sekolah-sekolah, sehingga mendapat sambutan hangat dari kerajaan media sayap kanan yang semakin berpengaruh yang dibangun oleh Vincent Bollore, Rupert Murdoch dari Prancis.

Berhasil dalam pemilu Eropa sangat penting jika Macron ingin tetap berpengaruh di Brussel seperti yang dia lakukan selama enam tahun terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)