Hobi Unik Pemimpin Dunia, Jokowi Tunggangi Chopperland

Senin, 09 April 2018 - 12:43 WIB
Hobi Unik Pemimpin Dunia, Jokowi Tunggangi Chopperland
Hobi Unik Pemimpin Dunia, Jokowi Tunggangi Chopperland
A A A
JAKARTA - Ada yang menarik dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerja ke Desa Citarik, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kemarin.

Presiden Jokowi menyempatkan diri mengendarai motor Chopperland hasil modifikasi Royal Enfield Bullet 350 cc yang dibeli dari produsen nasional pada Januari 2018. Hobi unik naik motor ternyata juga dilakukan oleh para pemimpin dunia lainnya. Sebut lah Presiden Rusia Vladimir Putin dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence.

Presiden Filipina Rod rigo Duterte juga memiliki motor baru Harley-Davidson. Presiden Putin pernah mengendarai Harley Davidson Lehman Trike saat bertemu dengan rombongan pencinta motor di Sevastopol, Ukraina, pada 24 Juli 2010.

Penampilan itu menunjukkan bahwa dia adalah pemimpin yang dekat dengan semua kalangan, termasuk anggota klub motor. Kemudian pada 2011 Putin juga pernah mengendarai Harley Davidson dalam festival di kota pelabuhan Novorossiysk bersama dengan para anggota klub motor. Seperti dilaporkan Reuters, Putin juga menganggap klub motor Night Wolves sebagai “saudara”.

Perayaan itu bertema sebagai pembebasan kota tersebut setelah Perang Dunia II. “Saya ingin berbicara kepada Anda. Itu sungguh keren bahwa Anda tidak boleh dilupakan sebagai pahlawan di masa lalu,” kata Putin seperti dilansir Reuters.

“Anak lelaki, anak perempuan, kalian semua hebat. Bukan hanya karena Anda melakukan hal menyenangkan saat mengendarai sepeda motor, tetapi juga bagaimana Anda mengombinasikan aktivitas untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan,” imbuhnya.

Pemimpin karismatik itu dikenal memiliki hobi maco selama karier politiknya. Dia juga mengikuti scuba diving, memancing, dan bermain hoki. Dia pernah pula menunggang kuda, menerbangkan jet tempur hingga berburu harimau siberia. Bukan hanya Harley Davidson, Putin juga dikenal memiliki hobi mengendarai motor gede Mitsubishi. Saat mengunjungi pameran automotif di Rusia, dia melihat standar Mitsubishi.

“Saya juga memiliki ini,” ujar Putin sambil menunjuk salah satu motor produksi Mitsubishi. “Saya memiliki motor dari perusahaanmu (Mitsubishi). Tapi, sejujurnya, saya tidak ingin mengendarainya,” paparnya.

Kemudian Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence juga dikenal memiliki hobi mengendarai sepeda motor. Saat tampil di Konvensi Nasional Republik di Cleveland, pada 21 Juli 2016, Mike Pence datang menggunakan sepeda motor favoritnya. Selain itu Pence berkampanye dengan mengendarai sepeda motor untuk berkeliling ke beberapa negara bagian.

Dia menyapa para pendukungnya dengan melambaikan tangan. Dengan mengendarai sepeda motor, Pence ingin menunjukkan bahwa dia juga bagian dari warga AS yang memiliki hobi mengendarai sepeda motor. Hobi itu juga diwujudkan saat dia masih menjadi gubernur negara bagian Indiana. Dia sering ikut mengendarai sepeda motor dalam berbagai acara amal.

“Biarkan saya memberikan apresiasi yang jujur dengan mengendarai sepeda motor pagi ini di Indiana yang indah,” katanya dalam acara amal pada 2013 silam. Acara amal itu ditujukan untuk membantu para veteran perang. Pence mengaku tidak memiliki Harley Davidson. Dia bukan pengendara sepeda motor yang rutin.

“Saya mengendarai sepeda motor saat muda,” terangnya seperti dilansir USA Today. Selanjutnya Presiden Filipina Rodrigo Duterte juga memiliki motor baru Harley-Davidson Street 750 seharga USD7.549. “Itu motor Harley Davidson,” ujar Duterte pada Desember 2016 lalu. Dia mengaku, motor baru itu memiliki mesin dan suara yang keren. “Harley adalah Harley. Itu tidak bersuara. Tenang,” ujarnya.

Saat masih menjadi wali kota Davao, Duterte kerap berpatroli di jalanan Kota Davao dengan menggunakan sepeda motor Harley dan motor gede lainnya yang menjadi koleksinya. Dia jatuh cinta dengan sepeda motor sejak usia 17 tahun, yakni pada Honda Enduro.

Dia juga pernah ber keliling Filipina dengan meng gunakan sepe da motor. “Saya sudah biasa mengendarai sepeda motor sejak usia 17 tahun,” ujarnya seperti dilansir Politics.com.ph. Selanjutnya pemimpin yang punya hobi unik lainnya adalah PM Narendra Modi.

Dia dikenal menyukai dunia fotografi. Selain sering berswafoto, dia juga kerap menggunakan kameranya untuk memotret peristiwa disekelilingnya yang dianggap menarik. Adapun Presiden AS Donald Trump lebih menyukai golf. Dia meluangkan waktu bebasnya untuk berolahraga golf. Hobinya itu juga menjadi bisnis besar baginya karena dia memiliki lapangan golf istimewa di berbagai belahan dunia.

Sementara itu Presiden China Xi Jinping memiliki hobi membaca buku sastra dan filosofi. “Saya memiliki banyak hobi. Salah satunya membaca buku. Membaca itu menjadi bagian dari gaya hidup saya,” jelasnya.

Buku yang paling menjadi favorit Xi adalah karya Confusius (Konghucu). Dia juga belajar dari karya klasik lainnya seperti Sun Tzu. Buku itu ditulis sekitar 2.000 tahun lalu dengan bahasa China kuno.

Tampil Nyentrik
Presiden Jokowi naik motor bersama klub motor untuk meninjau langsung program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di Sukabumi. “Dari depan Kantor Kecamatan Bantar Gadung ke Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi, saya menyusuri jalan lebih dari 20 km hari ini (kemarin) bersama komunitas pengendara sepeda motor,” tulis Jokowi dalam akun Facebooknya, Minggu (8/ 4). Komunitas yang ikut adalah klub motor dari Elders, Cleaveland, dari kalangan artis.

Sebelumnya sepeda motor Chopperland tersebut baru di coba Jokowi digarasi dan lingkungan Istana Kepresidenan Bogor. Presiden tampak nyentrik saat mengendarai motor berwarna emas dengan padu padan jaket jins serta helm warna hitam yang dikenakannya.

“Rombongan kami sempat mampir di dua desa meninjau pekerjaan pa dat karya. Benar-benar perjalanan yang asyik tanpa sirene di hari Minggu,” tandasnya. Di sepanjang perjalanan, rombongan bikers RI-1 ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Ikut dalam rombongan Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Dalam touring itu, Presiden sempat berbagi tantangan saat mengaspal. Salah satunya adalah jalan di Sukabumi yang berkelok-kelok.

Dia bercerita sudah terbiasa mengendarai motor sejak sebelum menjabat sebagai wali kota Solo. Terakhir mengendarai motor jarak jauh adalah saat mengunjungi jalan trans-Papua beberapa waktu lalu.

“Sebelum ini di Papua. Trail ini lumayan juga. Sepuluhan kilometer,” paparnya. Kepala Negara kemudian mengingatkan agar masyarakat mematuhi peraturan berlalu lintas, sekalipun seorang presiden. “Supaya diketahui kalau kita ingin naik sepeda motor, spionnya harus ada, lampu ada, nomor ada, semua ada. Memang harus komplet,” jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, sepeda motor yang dikendarainya juga memiliki kelengkapan surat-surat seperti STNK, BPKB, dan surat uji kelayakan.

Sepeda motor bernomor polisi B 6366 ZJV itu langsung diparkir di depan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R Desa Citarik dengan pengamanan ketat oleh puluhan Paspampres. Seperti biasanya, orang nomor satu di Indonesia itu menyapa ribuan warga Desa Citarik yang sejak pagi menanti dengan melambaikan tangan.

Kedatangan Presiden Jokowi dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan disambut oleh Menteri Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Widjojo serta perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang sudah tiba lebih dulu di lokasi.

Rombongan kemudian meninjau implementasi penyerapan dana desa Citarik 2018 senilai total Rp771 juta yang pada tahap awal dipergunakan untuk membangun kolam retensi dan infrastruktur pembangunan penahan tanah longsor di sekitar Bukit Manunggal. (Andika Hendra/ Okezone/Sindonews/Ant)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7530 seconds (0.1#10.140)