Pemenang Pemilu Taiwan Akan Tentukan Nasib Perdamaian di Asia

Sabtu, 13 Januari 2024 - 15:59 WIB
loading...
Pemenang Pemilu Taiwan Akan Tentukan Nasib Perdamaian di Asia
Pemilu Taiwan menentukan nasib perdamaian di Asia. Foto/Reuters
A A A
TAIPEI - Pemungutan suara sedang berlangsung pada Sabtu (13/1/2024) dalam pemilihan presiden dan parlemen Taiwan yang telah dibingkai China sebagai pilihan antara perang dan perdamaian.

Taiwan telah menjadi negara demokrasi yang sukses sejak menyelenggarakan pemilihan presiden langsung pertamanya pada tahun 1996, yang merupakan puncak dari perjuangan selama puluhan tahun melawan pemerintahan otoriter dan darurat militer.

Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa, yang memperjuangkan identitas Taiwan yang terpisah dan menolak klaim teritorial China, sedang mengupayakan masa jabatan ketiga dengan kandidatnya, Wakil Presiden saat ini, Lai Ching-te.

Berbicara kepada wartawan di kota selatan Tainan sebelum memberikan suara, Lai mendorong masyarakat untuk memberikan suara mereka.

“Setiap suara dihargai, karena ini adalah demokrasi yang diperoleh dengan susah payah di Taiwan,” katanya dalam sambutan singkatnya, dilansir Reuters.

Menjelang pemilu, China berulang kali mengecam Lai sebagai separatis berbahaya dan menolak seruan berulang kali darinya untuk melakukan pembicaraan. Lai mengatakan dia berkomitmen untuk menjaga perdamaian di Selat Taiwan, dan terus meningkatkan pertahanan pulau itu.



Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pada Sabtu pagi bahwa pihaknya kembali melihat balon-balon China melintasi Selat Taiwan yang sensitif, salah satunya terbang di atas Taiwan. Kementerian telah mengecam serentetan balon yang dilaporkan melintasi Selat tersebut sebagai perang psikologis dan ancaman terhadap keselamatan penerbangan dalam sebulan terakhir.

“Tidak seorang pun menginginkan perang,” kata Jennifer Lu, 36, seorang pengusaha wanita, yang sedang bermain di lapangan rumput bersama putrinya setelah memberikan suara pada suatu pagi yang cerah di distrik Songshan, Taipei.

Lai menghadapi dua lawan untuk menjadi presiden – Hou Yu-ih dari partai oposisi terbesar Taiwan, Kuomintang (KMT), dan mantan Wali Kota Taipei Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan (TPP) kecil, yang baru didirikan pada tahun 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)