alexametrics

Penuhi Panggilan Komisi I DPR, Facebook Minta Maaf

loading...
Penuhi Panggilan Komisi I DPR, Facebook Minta Maaf
Vice President and Public Policy Facebook Asia Pasific Simon Milner (kiri) dan Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari (tengah) sebelum mengikuti rapat dengar pendapat di Komisi I DPR. Foto/SINDOphoto/Yulianto
A+ A-
JAKARTA - Komisi I DPR menggelar rapat dengar pendapat dengan Facebook Indonesia hari ini. Dalam kesempatan itu, Facebook Indonesia menyampaikan maaf atas kebocoran data 1 juta lebih penggunanya di Indonesia.

"Kami di sini ingin menyampaikan permohonan maaf kami," kata Kepala Kebijakan Publik Facebook untuk Indonesia, Ruben Hattari di ruang rapat Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Ruben mengakui Facebook menyadari belum melakukan upaya maksimal dalam mencegah penyalahgunaan perangkat mereka. "Merupakan kesalahan besar bagi kami untuk tidak memandang tanggung jawab kami secara lebih luas dan CEO kami sepenuhnya mengambil tanggung jawab itu," ujarnya. (Baca juga: DPR Peringatkan Facebook untuk Serius Lindungi Data Pribadi)

Dalam kesempatan itu, dia mengungkapkan adanya aplikasi 'thisisyourdigitallife' yang dikembangkan oleh akademisi di Cambridge University, Alexander Kogan untuk fitur Facebook Login yang tersedia secara umum. Facebook Login memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga untuk meminta persetujuan dari pengguna aplikasi Facebook supaya aplikasi mereka bisa mengakses kategori data tertentu yang dibagikan pengguna tersebut dengan teman Facebook mereka.

Dia menambahkan, data pengguna Facebook yang didapatkan DR Kogan lalu diberikan ke Cambridge Analytica. Dia mengklaim Facebook tidak memberikan izin pemindahan data tersebut dan dianggap telah melakukan pelanggaran kebijakan platform Facebook.

Dia juga mengaku Facebook sigap menyelidiki masalah tersebut. "Kami akan terus mendalami kemungkinan ini sembari membantu penyeleidikan yang dilakukan Komisioner Informasi Inggris (ICO)," ujarnya.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak