Menunggangi Keseksian Yamaha Lexi

Rabu, 18 April 2018 - 23:30 WIB
Menunggangi Keseksian Yamaha Lexi
Menunggangi Keseksian Yamaha Lexi
A A A
SI sexy. Julukan itu selalu digaungkan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk memopulerkan motor anyarnya, Lexi. Kata itu diklaim merupakan ucapan spontan pembalap MotoGP Valentino Rossi ketika memperkenalkan motor berkapasitas mesin 125cc itu pada Januari 2018 lalu.

Namun apakah benar Yamaha Lexi itu memang sexy? Dari segi mana melihatnya? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu yang muncul di benak masyarakat ketika YIMM mengenalkan Lexi yang dikategorikan masuk dalam jajaran keluarga MAXI Yamaha.

Untuk menepis rasa penasaran itu, YIMM menggelar Media Test Ride Lexi di Sentul International Karting Circuit, Bogor, Selasa (17/4/2018). Jurnalis dari puluhan media dipersilakan menjajal 'keseksian' dan merasakan sensasi berkendara di atas motor baru dari pabrikan Jepang itu.

Setelah menunggu beberapa saat, SINDOnews akhirnya mendapat giliran mencoba Yamaha Lexi. Peserta diwajibkan mengenakan atribut lengkap, seperti jaket, helm, pelindung lutut dan siku sebelum melakukan test ride. Presiden Direktur YIMM Minoru Morimoto yang hadir dalam kegiatan tersebut meminta kepada para peserta untuk mencoba berbagai posisi duduk untuk mendapatkan kenyamanan berkendara.

Ketika sudah menentukan motor yang akan dikendarai, ada sebagian peserta yang kebingungan mencari kuncinya. Namun ternyata Yamaha Lexi tidak membutuhkan kunci untuk menghidupkan mesin. Motor ini telah dibekali fitur Smart Key System yakni sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless). Pengendara cukup memutar semacam tuas ke posisi on lalu menyalakannya. Suara mesin Lexi terdengar cukup halus ketika dinyalakan. Ini berkat Smart Motor Generator (SMG) yang dibenamkan di dalamnya.

Yamaha Lexi juga telah dilengkapi Eletric Power Socket di bagian bawah stang sebelah kiri yang berfungsi untuk mengisi daya gadget. Fasilitas ini menjamin pengendara tetap terhubung dengan smartphone meski sedang melaju di jalan raya.

Menunggangi Keseksian Yamaha Lexi


Hal yang menarik lainnya adalah speedometer yang full digital dan dilengkapi dengan tachometer. Selain tampilannya modern, pengendara juga bisa menyetel tingkat keterangan cahaya yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Pengendara akan tetap bisa melihat informasi-informasi yang tersaji di speedometer pada segala medan.

Menunggangi Keseksian Yamaha Lexi


Saat mencoba menaiki dan duduk di atas jok Yamaha Lexi, SINDOnews merasa cukup nyaman. Ukuran seat-nya cukup lebar dan lebih panjang. Jok dengan ukuran ini jelas menjanjikan kenyamanan selama berkendara sendirian maupun berboncengan. Tubuh tidak cepat capek meski jarak tempuh cukup jauh.

Menunggangi Keseksian Yamaha Lexi


Setelah siap, semua peserta mulai melajukan Yamaha Lexi di jalur yang telah ditentukan. Sejak tarikan gas pertama, performa mesin sudah bisa ditebak. Mesin generasi baru Blue Core 125cc yang disempurnakan Variable Valve Actuation (VVA) membuat Yamaha Lexi terasa bertenaga dan efisien. Motor anyar ini juga dilengkapi dilengkapi Liquid Cooled 4 Valves (LC4V) yang membuat suhu mesin lebih stabil dan performa lebih maksimal.

Ruang pijak Yamaha Lexi cukup luas, sehingga memungkinan pengendara mendapatkan kenyamanan sesuai dengan posisi duduknya. Spacious Flat Foot Board ini ini merupakan khas dari keluarga MAXI Yamaha, seperti NMax, TMax, XMax, dan Aerox.

Menunggangi Keseksian Yamaha Lexi


Pengendara semakin percaya diri melibas semua jalanan dengan sockbreaker tabung (Sub-Tank Suspension) tunggal di belakang. Jalan berlubang dan bergelombang tidak terasa getarannya. Berbekal Tubeless Wide Tire dengan ukuran ban depan 90/90-14", dan ban belakang 100/90-14" memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan stabil saat bermanuver.

Menunggangi Keseksian Yamaha Lexi


Setelah melibas tiga putaran di Sentul International Karting Circuit, peserta test ride masuk ke pit stop. Setelah berhenti kami sengaja tidak memastikan mesin motor untuk membuktikan bahwa motor ini dilengkapi fitur canggih stop & start system (SSS). Dan benar setelah 5 detik berhenti, mesin mati. Mesin hidup lagi hanya dengan menarik gas. Fitur ini jelas sangat bermanfaat untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu.

Dengan beragam fitur yang disematkan, patut menyebut Yamaha Lexi adalah motor yang sexy. Bukan hanya bentuknya yang lebih ramping, tapi juga karena segala teknologi yang dibenamkan. Ini sesuai konsep utamanya, yakni Smart & Sexy Design, Smart Features, dan Smart Engine.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8494 seconds (0.1#10.140)