Bukti Kuat NASA Sembunyikan Keberadaan Alien

Selasa, 16 Januari 2024 - 14:26 WIB
loading...
Bukti Kuat NASA Sembunyikan Keberadaan Alien
NASA Sembunyikan Keberadaan Alien. FOTO/ Daily
A A A
WAHYU BUDI SANTOSO - Penyelidikan NASA terhadap ratusan penampakan objek terbang misterius alias UFO menemukan tidak ada bukti keberadaan makhluk luar angkasa alias alien di balik fenomena-fenomena yang tidak dapat dijelaskan tersebut.



Seperti dilansir dari IFL Science, Selasa (16/1/2024), namun badan antariksa Amerika Serikat itu juga tidak bisa mengesampingkan kemungkinan keberadaan alien.

Terbukti, pertama pencarian kecerdasan alien (SETI) telah menjadi disiplin ilmu yang lebih matang dalam beberapa dekade terakhir.

Pada awalnya, SETI berfokus pada pencarian sinyal radio dari peradaban alien yang menggunakan teknologi yang mirip dengan kita.

Namun, seiring berkembangnya pemahaman kita tentang alam semesta, kita menyadari bahwa ada banyak cara lain untuk mendeteksi tanda-tanda kehidupan alien.

Misalnya, kita sekarang tahu bahwa ada banyak planet yang berpotensi layak huni di luar tata surya kita. Kita juga tahu bahwa beberapa bintang menghasilkan jenis radiasi yang dapat menyebabkan molekul organik terbentuk, yang merupakan bahan dasar kehidupan.

Kedua, teknologi kita untuk mencari kecerdasan alien telah meningkat secara dramatis. Teleskop radio kita sekarang jauh lebih sensitif daripada sebelumnya, dan kita memiliki kemampuan untuk mengamati ruang angkasa dalam detail yang jauh lebih besar.

Misalnya, teleskop radio milik Badan Antariksa Eropa (ESA) yang bernama ARIEL akan diluncurkan pada tahun 2029. Teleskop ini akan mampu mendeteksi sinyal radio dari planet-planet yang berada di zona layak huni bintang-bintang terdekat.

Ketiga, kesadaran publik tentang SETI telah meningkat. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa kita mungkin bukan satu-satunya peradaban yang cerdas di alam semesta.

Hal ini telah mendorong lebih banyak orang untuk terlibat dalam SETI, baik secara profesional maupun sukarela. Misalnya, ada banyak proyek SETI warga yang memungkinkan siapa saja untuk membantu mencari tanda-tanda kehidupan alien.

Berdasarkan ketiga faktor ini, dapat dikatakan bahwa kita baru saja mulai benar-benar mencari kecerdasan alien. Kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang alam semesta, teknologi yang lebih canggih, dan kesadaran publik yang lebih besar.

Hal ini membuat kemungkinan kita untuk menemukan kecerdasan alien lebih besar dari sebelumnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)