Selama Kuartal Empat 2017, YouTube Hapus Paksa 8 Jutaan Video

Selasa, 24 April 2018 - 21:18 WIB
Selama Kuartal Empat 2017, YouTube Hapus Paksa 8 Jutaan Video
Selama Kuartal Empat 2017, YouTube Hapus Paksa 8 Jutaan Video
A A A
SAN BRUNO - YouTube terus berusaha menjaga konten yang layak tayang dalam aplikasinya. Hal ini dibuktikan anak usaha Google itu dengan menghapus lebih dari 8 juta video tak pantas selama kuartal empat 2017.

Dalam laporannya, Senin (23/4/2018), YouTube menyatakan, jutaan video yang dihapus sebagian besar adalah spam atau video berisi konten dewasa. Mereka memiliki teknologi yang membantu dengan cepat menghapus klip "berisiko tinggi rendah volume" yang dapat dicirikan sebagai video mengandung pandangan ekstremis.

Teknologi tersebut juga membantu menemukan video bermasalah yang menampilkan spam. Untuk menunjukkan seberapa baik pembelajaran mesin ini bekerja, 6,7 juta dari 8 juta video yang dihapus pada kuartal terakhir pertama kali ditandai oleh mesin daripada manusia. Sebanyak 76% dari 6,7 juta video telah dihapus oleh YouTube sebelum mereka menerima bahkan memberikan satu tampilan.

YouTube menyatakan sebagai tanggapan atas tudingan lambat dalam menghapus video bermasalah, kini mereka membuat kemajuan besar. Tahun lalu hanya 8% video yang ditandai dan dihapus karena mengandung materi kekerasan dengan kurang dari 10 tampilan. Dan sekarang 50% video dihapus karena kekerasan dengan kurang dari 10 tampilan.

Awal tahun ini, YouTube telah mengumumkan pembentukan Desk Intelijen dengan menambah 10.000 moderator konten baru. Tetapi dengan semua orang yang mencari video yang seharusnya tidak ada di situs, terkadang kesalahan dibuat.

Mereka baru saja memulihkan video dari grup pengawas Media Matters yang mengungkapkan bagaimana beberapa klaim yang keterlaluan yang dibuat oleh ahli teori konspirasi Alex Jones adalah kebohongan. Video ini berfokus pada klaimnya yang ditarik kembali bahwa pemotretan Sandy Hook itu palsu.

YouTube memberi Media Matters teguran pertama dan menuduh mereka mengunggah video yang menampilkan "ancaman, pelecehan, penindasan, atau intimidasi". YouTube menyadari kesalahannya setelah ditanya tentang video oleh The Guardian. Setelah memulihkan video, YouTube mengatakan bahwa menghapusnya adalah "salah panggilan".
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2012 seconds (0.1#10.140)