XL Axiata Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi saat Ramadan dan Lebaran

Jum'at, 27 April 2018 - 09:02 WIB
XL Axiata Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi saat Ramadan dan Lebaran
XL Axiata Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi saat Ramadan dan Lebaran
A A A
TANJUNG PINANG - PT PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyatakan kesiapannya mengantisipasi lonjakan trafik layanan saat Ramadan dan Lebaran. Persiapan antisipasi dilakukan sejak jauh hari dengan mempersiapkan jaringannya agar bisa menghadapi kemungkinan lonjakan trafik tersebut. Dengan antisipasi yang baik, XL Axiata yakin tradisi silaturahmi masyarakat tetap lancar, terlaksana di kedua momen spesial tersebut.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada tren penggunaan jenis-jenis layanan. Terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran, serta tersedianya infrastruktur jalan tol baru yang sudah akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran.

“Kami memprediksi, trafik semua layanan kemungkinan akan meningkat, dengan trafik data kembali akan naik paling tinggi antara 20-30% dibandingkan hari-hari biasa. Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik. Untuk itu kami harus menyiapkan jaringan sebaik mungkin, antara lain dengan meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik," ungkap Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya saat paparan persiapan jaringan XL Axiata dalam menghadapi lonjakan trafik selama Ramadan dan Lebaran di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Kamis malam (26/4/2018).

Yessi menuturkan, pada jaringan core, penambahan kapasitas telah dimungkinkan dengan telah diimplementasikannya teknologi Network Function Virtualization yang memiliki skalabilitas tinggi dalam pengembangan jaringan. Untuk Lebaran 2018 penambahan kapasitas jaringan core terutama difokuskan pada area Denpasar dan Medan.

Ahmad Hamzah, Head of Customer Experience Management XL Axiata mengatakan, penambahan kapasitas jaringan radio pada jalur dan area tujuan mudik dilakukan dengan antara lain menempatkan 49 MBTS, penambahan kapasitas pada sekitar 4.000 BTS eksisting, dan penambahan sekitar 8.500 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran

"Penambahan kapasitas transmisi dilakukan dengan meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1000 Gbps atau 3x lipat dibandingkan kapasitas pada Lebaran 2017," sebutnya.

Selain itu, sambung dia, juga dilakukan peningkatan kapasitas pada transmisi backbone antarpulau sebesar 460 G. Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran.

Antara lain, sebut dia, tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata, hingga mencapai total 344 titik lokasi. Persiapan lainnya yang sudah dilakukan adalah memastikan kualitas jaringan di sepanjang jalur-jalur utama mudik, baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan juga Sulawesi.

Aktivitas ini dilakukan dengan uji jaringan atau drive test menggunakan perangkat pengukur kualitas jaringgan TEMS dan Probe. Ini untuk melakukan pengukuran cakupan dan kualitas jaringan suara maupun data yang lebih akurat.

"Perangkat yang sama juga dipakai oleh regulator dalam melakukan uji jaringan semua operator," klaimnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3903 seconds (0.1#10.140)