Layanan Streaming Video dan Musik Bakal Naik di Masa Lebaran

Jum'at, 27 April 2018 - 13:03 WIB
Layanan Streaming Video dan Musik Bakal Naik di Masa Lebaran
Layanan Streaming Video dan Musik Bakal Naik di Masa Lebaran
A A A
TANJUNG PINANG - PT XL Axiata Tbk memprediksi, layanan streaming video dan musik akan mengalami kenaikan trafik tertinggi. Hal ini berdasarkan data distribusi penggunaan layanan data oleh pelanggan, di mana layanan streaming memang menjadi layanan yang paling dominan, yaitu sekitar 48%.

"Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16%, media sosial (medsos) 14%, instant messaging 9%, storage sharing 5%, dan VoIP 2%," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya kepada wartawan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Kamis malam (26/4/2018).

Dikatakan Yessie, Layanan VoIP akan banyak dipakai untuk menggantikan layanan voice atau telepon, dan instant messaging menjadi pengganti SMS untuk berkirim pesan atau ucapan. Kedua layanan itu akan banyak dipakai untuk mengirimkan ucapan Ramadan dan Lebaran.

"Selain itu, di masa mudik dan liburan panjang Lebaran, akses ke layanan peta atau rute jalan seperti Waze dan Google Map juga mengalami peningkatan," tuturnya.

Untuk melayani masyarakat pengguna jasanya, XL Axiata melakukan langkah antisipasi dalam menghadapi lonjakan trafik telekomunikasi pada Lebaran 2018. Di antaranya, pada jaringan core, penambahan kapasitas telah dimungkinkan dengan telah diimplementasikannya teknologi Network Function Virtualization yang memiliki skalabilitas tinggi dalam pengembangan jaringan.

Operator telekomunikasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia itu memiliki anggaran Rp7 triliun guna pengembangan jaringan. Salah satunya diserap dalam persiapan menghadapi masa mudik dan balik Lebaran 2018.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2278 seconds (0.1#10.140)