alexametrics

LG G7 ThinQ Vs Samsung Galaxy S9, Siapa Lebih Unggul?

loading...
LG G7 ThinQ Vs Samsung Galaxy S9, Siapa Lebih Unggul?
Tampilan LG G7 ThinQ (kiri) dan Samsung Galaxy S9 yang menunjukan G7 lebih tinggi dibanding S9. Foto/ist
A+ A-
SEOUL - Kehadiran LG G7 ThinQ mau tak mau langsung dihadapkan dengan Samsung Galaxy S9. Dari tampilan pertamanya, ponsel mana yang paling unggul di segmen ponsel premium ini?

Desain
Laman Phone Arena, Sabtu (5/5/2018) melaporkan, di permukaan LG G7 dan Galaxy S9 tampaknya memiliki banyak kesamaan. Keduanya terbuat dari kaca dan logam, kedap air, dan memiliki layar yang mengisi hampir semua sisi depannya.

Keduanya juga menampilkan pemindai sidik jari di bagian belakang dan jack headphone 3.5mm di bagian bawah perangkat.

Namun bila diteliti lebih detail, Anda akan menemukan banyak perbedaan. Salah satunya adalah G7 lebih besar dari S9, tapi tetap nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan.

Perbedaan lainnya, LG memilih untuk tampil dengan desain kontroversial untuk G series terbarunya itu, yakni menggunakan takik di atas layarnya. Sementara S9 memiliki tampilan yang lebih ramping. Yang menjadi catatan, G7 sanggup membuat takitnya seakan membaur dengan bingkai atas.

Kedua ponsel telah menerapkan tombol asisten kecerdasan buatan atau AI di sisi kiri ponsel. Pada Galaxy S9, Bixby dipanggil dengan sekali tekan, sedangkan G7 bergantung pada Asisten Google.

Display
LG G7 ThinQ Vs Samsung Galaxy S9, Siapa Lebih Unggul?
Banyak yang menganggap Samsung OLED smartphone menampilkan diri sebagai layar terbaik di industri. Terlebih dengan layar 5,8 inci, Galaxy S9 tampak terlihat cantik.

Untuk G7, LG mengadopsi teknologi LCD IPS. Teknologinya tidak bisa menandingi tingkat kontras yang dapat dicapai panel OLED. Meski demikian, layar G7 terlihat sangat bagus karena output kecerahannya pada hingga 1.000 nit. Fitur yang benar-benar cerah untuk smartphone dan bermanfaat untuk visibilitas luar.

Pemiihan LCD IPS ketimbang panel OLED seperti pendahulunya bertujuan agar LG bisa menekan harga jual dari perangkat tersebut.

Perangkat Lunak, Prosesor, dan Memori
LG G7 ThinQ Vs Samsung Galaxy S9, Siapa Lebih Unggul?
LG G7 dan Galaxy S9 sama-sama menjalankan Android 8.0 Oreo -versi yang disesuaikan- dengan banyak tambahan dan tweak yang dibuat oleh masing-masing pabrikan. Seperti always on display dan panel samping dengan aplikasi, kontak pintas yang tersedia di kedua handset, serta tema antarmuka pengguna dan tombol navigasi yang dapat disesuaikan. Secara keseluruhan, tak satu pun dari keduanya terasa kurang fitur.

Kedua ponsel ini didukung oleh chip Snapdragon 845, yang sekarang merupakan Qualcomm terbaik yang pernah ditawarkan. Dengan kata lain, kinerja dengan keduanya harus pada tingkat yang sama besar.

Keduanya juga memiliki konfigurasi memori dasar yang sama, yakni 4 GB RAM + 64 GB storage, bersama slot kartu microSD untuk ekspansi. Di beberapa pasar, Anda mungkin dapat menemukan varian dengan RAM ekstra dan/atau kapasitas penyimpanan.

Kamera
Salah satu kelebihan LG G7 ThinQ dibandingkan Galaxy S9 adalah kamera utama ganda. Penyiapan ini terdiri dari sensor 16 MP untuk penggunaan sehari-hari dan kamera 16 MP ekstra lebar yang lebih pas dalam bingkai. Untuk sebagian besar, pendekatan ini identik dengan apa yang sudah Anda lihat di LG V30.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak