IPhone 12 Hanya Butuh A14 Bionic untuk Mengalahkan Ponsel Android

Selasa, 11 Agustus 2020 - 20:59 WIB
loading...
IPhone 12 Hanya Butuh A14 Bionic untuk Mengalahkan Ponsel Android
Chipset A14 Bionic akan memiliki CPU 40% lebih cepat dibandingkan A13 yang menggerakkan seri iPhone 11 serta iPhone SE. Foto/Ist
A A A
CUPERTINO - Apple iPhone 12 bakal ada dalam beberapa bulan ke depan. Walaupun tidak menawarkan tampilan kecepatan refresh rate tinggi, kita masih bisa menantikan kinerja tajam dari ponsel berkat chipset A14 Bionic. (Baca juga: Analis Sebut Produksi iPhone 12 Terhambat Pasokan Kamera )

Hampir dapat dipastikan chip baru akan dibuat menggunakan proses 5nm Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Ini sudah cukup untuk menjamin kinerja yang lebih baik dan peningkatan efisiensi dari smartphone.

A14 Bionic Jauh Lebih Cepat Daripada A13
Laman Phone Arena menyebutkan, pembocor industri, @komiya_kj mengklaim dibandingkan A13 yang menggerakkan seri iPhone 11 serta iPhone SE baru, maka A14 Bionic akan memiliki CPU 40% lebih cepat.

Sekarang, ketika iPhone 11 diumumkan, Apple menyebutnya sebagai CPU tercepat yang pernah ada di telepon. Itu juga menjanjikan peningkatan kinerja 20% secara keseluruhan dibandingkan dengan A12. Dengan tip baru, chipset A14 akan memiliki keunggulan besar atas A13, dan ini sejalan dengan rumor yang mengatakan akan meningkatkan kinerja iPhone 12 ke level MacBook Air.

Pembocor tersebut juga mengatakan, GPU A14 akan menjadi 50% lebih cepat dibanding A12. Dengan hadirnya Apple Arcade, kinerja GPU menjadi semakin penting dan peningkatan yang diklaim pasti akan sangat meningkatkan pengalaman bermain game.

Meskipun rumor baru tidak berbicara tentang efisiensi, kita sudah tahu bahwa itu akan meningkat secara substansial. Bagaimanapun, model iPhone 12 yang akan datang diharapkan memiliki baterai yang lebih kecil daripada model tahun lalu dan ini hanya berarti bahwa perusahaan mengandalkan pengoptimalan daya untuk menutupi penurunan kapasitas. (Baca juga: Penjemputan Warga Positif Covid-19 di Jaktim Diwarnai Penolakan dari Keluarga )

Teknologi 5nm TSMC memiliki 15% lebih cepat dan 30% lebih efisien dibandingkan node 7nm tempat A13 Bionic dibuat. Chip flagship saat ini sudah memiliki keunggulan di atas Snapdragon 865 yang mendukung flagship Android dan melihat kebocoran terbaru serta skor benchmark, industri berharap Apple mempertahankan keunggulannya.

Leakers juga mengatakan, A14X, yang diharapkan untuk mendukung iPad Pro 5G yang akan datang, bakal lebih cepat daripada A14.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)