2 Tentara Pasukan Khusus AS yang Hilang saat Membajak Kapal Iran Dinyatakan Tewas

Senin, 22 Januari 2024 - 09:02 WIB
loading...
2 Tentara Pasukan Khusus AS yang Hilang saat Membajak Kapal Iran Dinyatakan Tewas
Dua tentara pasukan khusus AS yang hilang dalam misi membajak kapal pembawa rudal Iran di Teluk Aden dinyatakan tewas. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Dua tentara pasukan khusus dari Navy SEAL Amerika Serikat (AS) yang hilang saat mencoba membajak kapal Iran di Teluk Aden awal bulan ini dinyatakan tewas.

Status mereka dinyatakan meninggal setelah keberadaan mereka tidak ditemukan.

Komando Pusat (CENTCOM) AS mengatakan dua tentara pasukan khusus itu dilaporkan hilang setelah menaiki kapal Iran dalam operasi 11 Januari di dekat pantai Somalia.

“Kami berduka atas kehilangan dua prajurit Perang Khusus Angkatan Laut kami, dan kami akan selamanya menghormati pengorbanan dan teladan mereka," kata Komandan CENTCOM Jenderal Michael Erik Kurilla dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters, Senin (22/1/2024).



"Doa kami bersama keluarga SEAL, teman-teman, Angkatan Laut AS, dan seluruh komunitas Operasi Khusus selama ini,” lanjut Kurilla.

Kapal yang hendak dibajak pasukan khusus AS itu membawa komponen rudal balistik jarak menengah Iran menuju Somalia.

Seorang pejabat pertahanan AS mengatakan kapal dan pesawat Angkatan Laut AS telah dikirim untuk menyisir wilayah Teluk Aden untuk mencari dua tentara tersebut.

Pejabat itu mengatakan awak kapal, yang tidak memiliki bendera negara, berencana memindahkan komponen rudal, termasuk hulu ledak dan mesin, ke kapal lain di lepas pantai Somalia.

Pejabat tersebut, yang berbicara dengan syarat anonim karena membahas rincian sensitif, mengatakan Angkatan Laut AS telah mengonfirmasi bahwa kapal yang hendak diambil alih tersebut merupakan kapal yang memiliki sejarah mengangkut senjata ilegal dari Iran ke Somalia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)