7 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah, Salah Satunya Rajin Cuci Muka

Senin, 22 Januari 2024 - 15:15 WIB
loading...
7 Cara Menghilangkan Komedo di Wajah, Salah Satunya Rajin Cuci Muka
Banyak yang masih penasaran, bagaimana cara menghilangkan komedo tanpa bekas dan efek samping yang merusak kulit wajah. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Banyak yang masih penasaran, bagaimana cara menghilangkan komedo tanpa bekas dan efek samping yang merusak kulit wajah.

Sebenarnya, sudah banyak produk yang ampuh dan efektif untuk menghilangkan komedo. Tinggal bagaimana kamu memilih yang cocok dengan jenis kulit. Dan perlu diingat, jangan coba-coba memencet komedo dengan jari dan kuku, apalagi tanpa mencuci tangan terlebih dulu.

Berikut ini deretan cara menghilangkan komedo tanpa meninggalkan iritasi dan kerusakan kulit.

Cara Menghilangkan Komedo

1. Rajin Membersihkan Wajah

Cara menghilangkan komedo yang paling mudah adalah secara rutin membersihkan wajah pada pagi atau malam. Hal ini bertujuan untuk membersihkan sekaligus mengurangi penumpukan kotoran dan bakteri yang menempel pada wajah.

Rutin membersihkan wajah sebanyak dua kali dalam satu hari mampu menurunkan jumlah jerawat dan komedo pada wajah secara signifikan. Selain itu, membersihkan muka secara rutin juga efektif untuk mengatasi kulit kusam.

Kamu perlu sabun pembersih wajah yang pas dengan kebutuhan dan jenis kulit sehingga tidak menimbulkan iritasi. Gunakan produk perawatan kulit dengan kandungan salicylic acid mampu mengatasi komedo pada wajah.


2. Perhatikan Pola Makan

Kini saatnya kamu mengonsumsi makanan sehat dan minum cukup air untuk menjaga kulit tetap sehat bebas komedo.

Hasil penelitian, masyarakat modern yang mengonsumsi makanan barat tinggi glikemik resistensi insulin. Kondisi ini meningkatkan potensi perubahan produksi sebum yang menyebabkan peradangan kulit dan jerawat.

3. Gunakan Masker Madu Manuka

Madu mengandung zat antibakteri yang bisa mencegah timbulnya jerawat ringan dan sifat antiinflamasi yang efektif untuk mengurangi peradangan pada kulit. Kamu bisa mengoleskan madu ini pada area hidung secara merata lalu biarkan selama kurang lebih 15-30 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

4. Pakai Uap Air Hangat

Uap air bisa membuat pori-pori kulit wajah terbuka dan lebih mudah mengangkat komedo ketika kamu membersihkannya. Caranya, siapkan panci dengan air mendidih, lalu dekatkan wajah selama sekitar 5 sampai 10 menit. Kamu bisa memakai handuk atau kain bersih untuk menutupi area kepala supaya uap panas tidak menyebar ke udara luar.

Setelah 10 menit, cuci muka agar cara membersihkan komedo di hidung menggunakan uap air hangat semakin optimal.

5. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah jenis perawatan wajah untuk mengangkat sel kulit mati. Jenisnya ada dua, yaitu chemical dan physical. Jenis chemical menggunakan bahan kimia, seperti AHA, BHA, PHA untuk mengangkat sel kulit mati dan menghambat produksi minyak berlebih, serta kotoran yang membuat pori-pori kulit tersumbat.

Eksfoliasi secara kimia bisa kamu lakukan setidaknya setiap satu minggu sekali. Namun, kamu juga bisa memastikannya dengan bertanya pada dokter. Sebab, kalau terlalu sering, wajah justru berisiko mengalami iritasi.

Sementara itu, eksfoliasi fisik bisa dengan memakai scrub. Akan tetapi, tidak semua jenis kulit cocok dengan produk tersebut, terutama kulit sensitif. Jadi, sebaiknya memakai scrub tak lebih dari 2 kali dalam seminggu. Selain itu, pastikan untuk memakai pelembap supaya kulit tidak mengalami iritasi.

6. Mikrodermabrasi

Selain eksfoliasi, kamu juga bisa menghilangkan komedo pada area hidung dengan prosedur mikrodermabrasi. Perawatan ini dapat membuat pori-pori kulit menjadi lebih bersih. Dengan begitu, kulit wajah akan terhindar dari komedo.

Perawatan ini berlangsung dengan menggunakan kristal halus dan vakum khusus guna membantu mengangkat sel kulit mati dan minyak pada pori-pori. Prosedur perawatan wajah ini bisa membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan halus.

7. Gunakan Sunscreen

Sunscreen dikenal sebagai skincare yang melindungi kulit dari radiasi ultraviolet (UV). Namun, peran sunscreen tak hanya itu. Sunscreen terbukti melembabkan kulit serta membuat kulit wajah sehat dan awet muda. Bahkan, sunscreen saat ini diklaim mampu melindungi pori-pori kulit dari endapan debu dan kotoran penyebab komedo.

Itulah cara menghilangkan komedo tanpa iritasi kulit. Dapatkan produk kecantikan terbaik di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)