Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2020 jadi Momentum Ciptakan Kemandirian Bangsa

Selasa, 11 Agustus 2020 - 23:53 WIB
loading...
Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2020 jadi Momentum Ciptakan Kemandirian Bangsa
ILUSTRASI Teknologi. Foto/ IST
A A A
JAKARTA - Puncak acara dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang ke-25, yang fokus melihat keunggulan riset dan inovasi untuk kemandirian bangsa Indonesia. Sekaligus sebagai rangkaikan Hari Kemerdekaan ke-75 Indonesia.

Puncak acara Hakteknas ke-25 disiarkan secara virtual, yang dihadiri sejumlah menteri serta kepala lembaga, serta Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, yang hadir secara virtual.. (Baca juga: Staf KPU Yahukimo Papua Tewas Ditikam dan Digorok

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro, mengatakan, sudah menjadi tekad kita semua untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, dan sejahtera.

“Mari sukseskan transformasi Indonesia dari negara berbasis sumber daya alam menjadi berbasis inovasi,” tutur Bambang saat menyampaikan pemaparannya, dalam puncak peringatan Hakteknas ke-25, Senin (10/8/2020).

Peringatan Hakteknas ke-25 akan diisi dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam rentang Agustus-November 2020. Antara lain peluncuran produk penelitian inovasi strategis, seminar, dan bakti inovasi.

Ada tiga kegiatan utama Hakteknas tahun ini. Pertama, bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kemenristek/BRIN akan memulai kegiatan desa berinovasi untuk menjaga keseimbangan ekonomi dan ekologi desa.

Tahun ini di 100 desa terpilih, teknologi yang dihasilkan perguruan tinggi dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), akan digunakan untuk memecahkan permasalahan desa.

“Misalnya di Desa Tamaila, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, akan dipasang generator listrik pikohidro, agar desa ini segera memiliki listrik,” jelas mantan Kepala BAPPENAS itu.

Kedua, peluncuran strategi nasional kecerdesan artifisial, yang merupakan area kebijakan nasional 2020-2045. Di dalamnya fokus pada bidang teknologi kecerdasan artifisial bagi kementerian, lembaga daerah, dan pemangku kepentingan lainnya.

Lima program prioritas dari kecerdasan artifisial Indonesia adalah layanan kesehatan, revormasi birokrasi, pendidikan dan riset, ketahanan pangan, dan mobilitas kota cerdas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)