Konsumen Diminta Hati-hati Memilih Chemical Pembersih Mesin

Minggu, 20 Mei 2018 - 23:07 WIB
Konsumen Diminta Hati-hati Memilih Chemical Pembersih Mesin
Konsumen Diminta Hati-hati Memilih Chemical Pembersih Mesin
A A A
JAKARTA - Produk multi purpose lubricant merupakan chemical untuk membersihkan, melumasi, memproteksi mesin dan peralatan yang terbuat dari metal. Perannya sangat dibutuhkan agar membuat mesin dan peralatan menjadi lebih awet dan berjalan sesuai fungsinya.Namun memilih produk multi purpose lubricant harus pintar. "Jangan hanya berpatokan harga mahal karena itu selamanya tidak terbukti. Yang penting adalah kualitas cairannya dan dapat teruji," ungkap Alfons Sunarjadi, Marketing Manager REXCO di Jakarta, Sabtu (19/5/2018).
Lalu bagaimana cara mengujinya? Caranya ada banyak, salah satunya semprotkan produk tersebut ke dalam sebuah gelas transparan setinggi 1 cm, lalu masukan air setinggi 6-7 cm. Posisi chemical pasti berada di atas air. Aduklah hingga tercampur.
Konsumen Diminta Hati-hati Memilih Chemical Pembersih Mesin

Diamkan dan aduk kembali dengan melakukannya sebanyak 2-3 kali. Lalu lihat hasilnya, bila chemical-nya terpisah dari air dengan cepat artinya produk bagus. Dan sebaliknya kalau cairan kimianya lama terpisah dari air. Artinya produk tersebut tidak bisa dipakai untuk melindungi mesin atau peralatan Anda dari karat.

"Ingat yang namanya produk multi purpose lubricant mempunyai lima fungsi, yaitu antikarat, pelumas, pembersih, penghilang kelembaban, dan penetrasi. Dari kelima fungsi tersebut, kita bisa menggunakan produk tersebut untuk banyak hal dalam membantu, merawat mesin, dan peralatan kerja," sebut Alfons.

Dia mengklaim, hal itu terangkum dalam produk REXCO yang sudah puluhan tahun hadir melayani kebutuhan industri. "Produk ini melayani pasar automotif, industri, bangunan dan konstruksi, industri oil and gas, rumah tangga, bahkan hobi," katanya.

Dikatakannya ada sekitar enam produk REXCO yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia. Di antaranya, REXCO 81, Carb & Injector Cleaner yang berfungsi membersihkan kotoran, karbon, varnish, dan gum pada sistem karburator dan injector; menurunkan emisi gas buang kendaraan; dilengkapi antikorosi; dan melakukan penetrasi dengan cepat.

"Ada juga REXCO 70, Multi Purpose Degreaser. Fungsinya menghilangkan oli, gemuk, kotoran dan debu; menjaga permukaan metal pada mesin terlihat seperti baru; pemakaiannya cepat dan mudah; tidak meninggalkan residu," papar Alfons.

Sementara REXCO 20, Ultimate Hand Cleaner berperan dalam membersihkan kotoran, minyak, oli, gemuk yang ekstrem. Cukup sekali bilas dan buangannya ramah lingkungan. "Tidak mengandung pelarut solvent yang keras, sekaligus mengandung pelembab dan antibakteri," katanya seraya menambahkan produk memiliki daya bersih tiga kali lebih efektif dan ramah terhadap kulit.

"REXCO 50, Multi Purpose Lubricant berfungsi melonggarkan bagian yang berkarat; melindungi dari karat; menghilangkan kelembaban; menghilangkan bunyi derit; membersihkan dan menghilangkan oli, Aspal serta debu," katanya.

Dia menambahkan, pelumasannya 3x lebih tinggi, penetrasi 2x lebih cepat, antikarat 3x lebih efektif. Penyemprotannya bisa membantu motor yang mogok karena businya basah, baik akibat banjir maupun kehujanan. "Karena cairannya mampu memisahkan peralatan dengan air. Jadi pengapian pada busi bisa dilakukan lagi karena dapur pengapian kering kembali," pungkas Alfons.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0650 seconds (0.1#10.140)