Beri Rasa Aman Penumpang, Grab Luncurkan Fitur Tombol Darurat

Senin, 21 Mei 2018 - 16:02 WIB
Beri Rasa Aman Penumpang, Grab Luncurkan Fitur Tombol Darurat
Beri Rasa Aman Penumpang, Grab Luncurkan Fitur Tombol Darurat
A A A
JAKARTA - Grab, platform aplikasi transportasi online mengumumkan peluncuran tombol SOS atau darurat sebagai upaya keselamatan terbaru untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan para penumpang.

"Kami punya tiga misi, yang paling utama adalah meningkatkan keamanan di transportasi menggunakan teknologi. Maka dari itu saya sangat bangga memperkenalkan fitur tombol darurat ini," ujar Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia di Jakarta, Senin (21/05/2018).

Ridzki menuturkan, dengan fitur tombol darurat yang baru, maka kontak darurat milik para penumpang bakal menerima pesan teks yang dikirimkan oleh Grab. Pesan teks berisi instruksi untuk segera menghubungi pihak berwajib terdekat berdasarkan tautan "Share My Ride".

Pesan teks ini akan dikirimkan secara otomatis jika penumpang menekan tombol darurat, atau perjalanan yang tidak terdeteksi oleh sistem Grab. "SOS button ini sudah ada sejak lama. Teknologinya sudah siap 6-7 bulan lalu. Versi pertama tombol SOS tersebut terhubungnya langsung dengan pihak yang berwajib, tapi setelah kami kaji lagi, trafik main-main atau disalahgunakannya itu bisa jadi akan sangat tinggi. Akhirnya jadilah tombol darurat yang sekarang dengan tiga kontak orang terdekat yang telah diverifikasi," tuturnya.

Cara mengaktifkan tombol darurat sangat mudah. Para pengguna Grab dapat menambahkan kontak darurat dengan menekan "Darurat" pada side menu.

Kemudian tekan atur kontak darurat, ketuk "TAMBAHKAN" untuk menambah kontak darurat yang pertama. Penumpang lalu memasukan nomor telepon darurat dan dapat memilih mengaktifkan auto-alert.

Ketika sudah tersimpan, nomor kontak darurat akan diberikan notifikasi melalui SMS bahwa mereka telah ditambahkan ke dalam kontak penumpang. Dalam keadaan yang darurat, penumpang dapat menekan tombol "DARURAT" saat dalam perjalanan.

Lalu penumpang memiliki opsi untuk mengirimkan SMS peringatan dengan menekan "Beritahu Kontak Darurat", sebuah SMS peringatan akan dikirimkan kepada kontak daruratnya.

Menurut Ridzki, fitur tombol darurat itu merupakan pertama di Indonesia. Fitur tombol darurat diluncurkan secara serentak di beberapa negara yang terdapat platform Grab.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6609 seconds (0.1#10.140)