Google Hapus Moto 'Jangan Jadi Jahat' Pada Karyawan

Selasa, 22 Mei 2018 - 23:02 WIB
Google Hapus Moto  \Jangan Jadi Jahat\ Pada Karyawan
Google Hapus Moto 'Jangan Jadi Jahat' Pada Karyawan
A A A
MOUNTAIN VIEW - Google hapus moto “Don’t be evil” dari lembar tertulis pedoman perilaku perusahaan. Kata itu dihapus sekitar akhir bulan April atau awal Mei 2018 lalu.

Sebelumnya, pada 2015, ketika terjadi reorganisasi dan Alphabet berdiri sebagai induk usaha baru Google, moto tak resmi itu sempat mengalami modifikasi kecil. Ada tambahan kata "do the right thing" atau dalam Bahasa Indonesia artinya "bertindak yang benar" dalam pedoman perilaku tersebut.

Kata yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Jangan jadi jahat” tersebut sudah ada dan disebutkan berulang kali sejak tahun 2000 dalam pedoman perilaku perusahaan yang dibagikan ke seluruh karyawan.

Lebih dari itu “Don’t be evil” menjadi sebuah kata sakti bagi para Googlers (sebutan untuk pegawai Google).

Salah satu pemakaian kata “Don’t be evil” digunakan sebagai password WiFi di kendaraan antar-jemput karyawan menuju ke Mountain View.

Namun sebagaimana dilansir Gizmodo, kata terebut dihilangkan dari seluruh lembaran pedoman perilaku perusahaan, hanya tersisa satu kalimat saja yang masih menyebut “Don’t be evil” dan letaknya pun pada bagian penutup.

Belum jelas apa yang melatarbelakangi Google menghapus frasa tersebut. Namun, hal ini dilakukan setelah belasan karyawan Google mundur, memprotes kebijakan proyek perusahaan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4028 seconds (0.1#10.140)