Milenial Bakal Jadi Pendorong Transformasi Digital Indonesia

Kamis, 24 Mei 2018 - 22:01 WIB
Milenial Bakal Jadi Pendorong Transformasi Digital Indonesia
Milenial Bakal Jadi Pendorong Transformasi Digital Indonesia
A A A
JAKARTA - Perkembangan dan disrupsi teknologi yang terjadi secara cepat dan menyeluruh menyebabkan masyarakat memiliki ekspektasi yang tinggi akan layanan teknologi pembayaran digital yang nyaman dan aman.

Karena itu, teknologi pembayaran digital saat ini semakin diarahkan untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih mulus bagi pengguna. Khususnya generasi milenial yang ingin mencari dan memperoleh kepuasan secara instan.

Setiap generasi memiliki dampak kuat pada masyarakat. Seperti Baby Boomer dikaitkan dengan bagaimana mereka mendefinisikan kembali nilai-nilai tradisional, dan Generasi X yang memulai era baru teknologi.

Sementara generasi milenial yang lahir dalam rentang tahun 1984–2000, tumbuh besar di era digital yang mengubah cara hidup dan berkomunikasi. Sebagai digital native, generasi milenial memiliki peran penting dalam menentukan masa depan teknologi, termasuk dalam hal pembayaran digital.

“Revolusi pembayaran digital sudah terlihat di berbagai negara, termasuk Asia yang diawali di China dan India. Indonesia memiliki potensi sebagai negara kunci di Asia yang mampu mengakselerasi pembayaran digital nontunai dan nonkartu. Dengan infrastruktur telekomunikasi yang semakin membaik dan harapan atas rampungnya proyek Palapa Ring, maka tidak ada alasan bagi Indonesia untuk tidak semakin efisien dan tidak memiliki angka inklusi finansial tinggi,” ujar Vincent Iswara, CEO DANA dalam keterangan tertulisnya yang diterima SINDOnews, Kamis (24/5/2018).

Menurut Vincent, booming-nya sistem pembayaran digital di Indonesia karena negara ini sudah memiliki modal yang solid seperti China dan India. Dengan jumlah mileniall yang mencapai lebih dari 90 juta atau 34,45% dari jumlah penduduk dan 100 juta lebih pengguna ponsel pintar, maka peningkatan tren pembayaran digital merupakan sebuah keniscayaan.

Kesulitan dalam melakukan transaksi konvensional dengan menggunakan uang tunai dalam kegiatan sehari-hari sering kali menghalangi peningkatan produktivitas dan daya saing. Oleh karena itu, pihaknya melalui DANA hadir untuk mengoptimalisasi penggunaan nontunai. Sekaligus memberikan pilihan pembayaran yang aman dan nyaman bagi generasi milenial di Indonesia.

Kelokalan DANA, selain melalui keberadaan para programmer Indonesia, juga ditunjukkan dengan keberadaan Data Center dan Data Recovery Center yang ditempatkan di Tanah Air. Hal ini juga diperkuat dengan adopsi teknologi dari Ant Financial, salah satu investor DANA, yang telah berhasil membawa tren pembayaran digital di China, dan pengalaman digital yang panjang, kaya, dan kuat dari EMTEK yang merupakan investor utama DANA.

Senada dengan Vincent, pakar pemasaran dan pengamat gaya hidup milenial, Yuswohady mengatakan, aplikasi dompet digital dan sistem pembayaran digital sangat cocok dengan gaya hidup generasi milenial. Sebab mereka sangat mengutamakan kecepatan dan kenyamanan.
Oleh karena itu, Yuswohady yakin aplikasi mobile wallet yang dapat memberikan kedua hal tersebut, ditambah dengan tingkat keamanan yang terjamin, pasti akan berhasil menarik minat pengguna dari kaum milenial.
“Milenial adalah konsumen yang paling haus akan pengalaman dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Bagi mereka brand bukan menjadi faktor utama ketika memilih produk atau layanan. Rating dan rekomendasi serta benefit apa yang ditawarkan lebih menjadi preferensi mereka. Selain itu, generasi ini cenderung lebih menyukai berbagai brand lokal yang unik dan dan berbeda,” ujar Yuswohady menjelaskan ciri-ciri dari generasi milenial.

Pada kesempatan yang sama, Timothius Martin, Marketing Director DANA, mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan mereka akan pengalaman penggunaan yang nyaman dan menarik, DANA, dompet digital Indonesia, menawarkan berbagai benefit menarik bagi pengguna pertamanya.

“Di BBM, DANA memungkinkan para pengguna aplikasi tersebut untuk melakukan pembayaran dalam hal pembelian pulsa telepon atau listrik dengan menggunakan DANA. Selain itu, ke depannya para pengguna BBM juga dapat saling mentransfer saldo DANA mereka,” ujar Timo, sapaan akrabnya.

Selain itu, DANA juga dapat digunakan sebagai salah satu pilihan metode pembayaran di Bukalapak. Pengguna Bukalapak tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah karena DANA dapat langsung diakses dalam halaman website Bukalapak maupun aplikasi mobile. Di mana pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan aman tanpa harus keluar dari halaman web atau aplikasi Bukalapak.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8805 seconds (0.1#10.140)