Elkan Baggott dan Boyle Bantu Australia Unggul 0-2 di Babak Pertama 16 Besar Piala Asia 2023

Minggu, 28 Januari 2024 - 19:22 WIB
loading...
Elkan Baggott dan Boyle Bantu Australia Unggul 0-2 di Babak Pertama 16 Besar Piala Asia 2023
Jackson Irvine dari Australia dan rekan setimnya merayakan gol pertama mereka yang merupakan gol bunuh diri yang dilakukan oleh pemain Indonesia, Elkan Baggott REUTERS/Ibraheem Al Omari
A A A
Timnas Indonesia untuk sementara tertinggal 0-2 dari Australia pada babak pertama 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Minggu (28/1/2024) malam WIB. Adalah Elkan Baggott, yang justru membuat Socceroos unggul satu gol saat laga baru berjalan 12 menit.

Timnas Indonesia memulai pertandingan dengan penuh percaya diri. Itu bisa dilihat dalam 10 menit laga berlangsung.

Indonesia mampu menciptakan satu peluang di menit ketujuh lewat kaki Rafael Struick. Namun tendangan pemain berusia 20 tahun tersebut masih melebar tipis atas mistar gawang Australia.



Di menit 12, Australia justru mengejutkan penggemar Timnas Indonesia. Berawal dari serangan di sisi kiri pertahanan Indonesia, Jackson Irvine, yang menusuk ke jantung pertahanan Tim Merah Putih lantas mengirimkan umpan.

Sayangnya, bola tendangan Irvine justru mengenai kaki Elkan Baggott dan bola berubah arah yang membuat Ernando Ari kesulitan untuk menepisnya. Skor berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan Australia.

Tertinggal satu gol, Indonesia mencoba merespon. Namun setiap serangan yang dilancarkan selalu gagal di kaki para pemain bertahan Australia.



Sebaliknya, Australia mampu menambah gol kedua melalui sundulan Boyle di menit 45+2'. Hingga interval pertama usai skor 0-2 untuk keunggulan Australia tak berubah. Mengacu statistik pertandingan selama 45 menit pertama, Indonesia mampu memberikan perlawanan yang sengit.

Dari segi penguasaan bola Indonesia kalah dengan persentase 45 persen berbanding 55 persen. Namun begitu, Skuad Garuda berhasil menciptakan empat peluang emas.

Satu di antaranya mengancam gawang Australia melalui tendangan keras Hubner dari luar kotak penalti. Namun tendangan itu masih mampu diamankan kiper lawan.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)