16 Negara Pakai Dolar AS Jadi Mata Uang Resmi, Siapa Saja?

Senin, 29 Januari 2024 - 13:40 WIB
loading...
16 Negara Pakai Dolar AS Jadi Mata Uang Resmi, Siapa Saja?
Dolar AS (USD) merupakan salah satu mata uang terkuat di dunia dan paling terkenal di dunia. Tercatat ada beberapa negara yang menjadikan dolar AS sebagai mata uang resmi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dolar Amerika Serikat (USD) merupakan salah satu mata uang terkuat di dunia dan paling terkenal di dunia. Tidak hanya itu mata uang ini bahkan berlaku di beberapa negara selain Amerika Serikat .



Tercatat ada beberapa negara yang menjadikan dolar AS sebagai mata uang resmi. Menurut Investopedia, kuatnya perekonomian Amerika menjadi salah satu alasan mengapa dolar AS menjadi mata uang dominan dunia. Sebagai mata uang yang paling umum digunakan di dunia, dolar juga merupakan mata uang cadangan dunia.



Populernya penggunaan Dollar AS ini berawal dari Perjanjian Bretton Woods tahun 1944 yang dilakukan Negeri Paman Sam -julukan AS- dengan sekutunya. Berdasarkan perjanjian tersebut, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia dibentuk, dan dolar AS ditetapkan sebagai mata uang cadangan dunia.

Meskipun pada tahun 1973, Perjanjian Bretton Woods diakhiri. Namun, dolar AS tetap menjadi mata uang cadangan banyak negara. Bahkan terdapat lebih dari 65 negara mematok mata uang mereka terhadap dolar AS sementara lima wilayah AS dan belasan negara asing menggunakannya sebagai mata uang pertukaran resmi mereka.

Daftar Negara yang Menggunakan Mata Uang Dollar AS

1. Persemakmuran Puerto Riko (Karibia Timur Laut)
2. Ekuador (Amerika Selatan bagian barat laut)
3. Republik El Salvador (Amerika Tengah)
4. Republik Zimbabwe (Afrika Tenggara)
5. Guam (Wilayah Samudera Pasifik Barat)
6. Kepulauan Virgin Amerika Serikat (Wilayah kepulauan Amerika Karibia)
7. Kepulauan Virgin Britania Raya (Wilayah Luar Negeri Inggris Karibia)
8. Timor Leste (Asia Tenggara)
9. Bonaire (Kotamadya Kerajaan Belanda Karibia)
10. Samoa Amerika (Samudera Pasifik Selatan)
11. Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara (Samudera Pasifik Barat)
12. Negara Federasi Mikronesia (Enam Negara Berdaulat Subwilayah Oseania)
13. Republik Palau (Samudera Pasifik Barat)
14. Pulau Marshall (Dekat Khatulistiwa di Samudera Pasifik)
15. Panama (Amerika Tengah)
16. Kepulauan Turks dan Caicos (Wilayah Luar Negeri Inggris Karibia)

Dolar AS juga banyak digunakan di seluruh dunia sebagai mata uang semu. Dolar AS diterima secara luas untuk perdagangan di Kanada dan Meksiko, Bahama, Barbados, Bermuda, Kepulauan Cayman, Sint Maarten, St Kitts dan Nevis, Kepulauan ABC di Aruba, Bonaire, Curacao, dan Kepulauan BES termasuk Bonaire, Sint Eustatius, dan Saba, yang secara kolektif dikenal sebagai Karibia Belanda.

Dolar AS juga digunakan sebagai mata uang kuasi di berbagai tujuan pensiun populer di AS seperti Belize dan Panama, dan beberapa wilayah di Kosta Rika. Itulah daftar negara yang menggunakan Dollar AS sebagai mata uang resmi mereka. Membuktikan seberapa berkuasanya mata uang tersebut di dunia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2939 seconds (0.1#10.140)