Kejar Tampang Facelift, Honda Accord Lawas Disiksa

Kamis, 31 Mei 2018 - 09:59 WIB
Kejar Tampang Facelift, Honda Accord Lawas Disiksa
Kejar Tampang Facelift, Honda Accord Lawas Disiksa
A A A
JAKARTA - Punya mobil lawas tak menghalangi untuk dijadikan lebih muda hal ini dapat dilihat dari, Honda Accord tahun 2013 yang disiksa alias dimodifikasi menjadi Accord facelift tahun 2017. Besutan awal yang dilakukan sang builder adalah mengganti seluruh bodi mobil mulai dari wide body, bodykit hingga kap mesin.

Menurut Renaldo Kresnata Wibowo selaku pemilik bengkel Zoom yang bercokol di Jawa Timur, kendala tersulitnya adalah merubah faceliftnya, karena konturnya jauh berbeda antara tipe lama dengan tipe baru.

Menariknya lagi, sedan ini sudah terpasang moonroof, sehingga terlihat sporty dan eksotis. Moonroof ini juga hanya ada satu di Indonesia, diimpor dari Korea. Biasanya moonroof yang standar itu bentuknya datar, tapi kalau yang ini agak melengkung.

Untuk menambah daya kekokohan pada tunggangan, Renaldo juga melakukan penyematan velg work wheels meister s1 dengan balutan si karet bundar Toyo T1R untuk depan berukuran 245/35/19", dan belakang 285/30/19".

Kemudian untuk disk brakesnya kita menggunakan Brembo 6pot 360mm drilled rotor untuk depan dan 4pot 360mm drilled rotor untuk belakang. Mobil ini juga sudah terpasang air suspensi ball on.

Melongok ke sektor interior, jok sedan ini telah dibungkus full redesign & stitching rainbow MB Tech seat, kemudian kabinnya dari leather pro asal Bali. Mulai dari dashboard, setir serta panel-panel menggunakan karbon.

Pasalnya, Renaldo sempat 2-3 kali merombak di bagian tersebut. "Jadi, yang paling susah adalah merombak kap mesin sama bagasi, untuk membuat tampilannya keliatan manis serta nyambung," jelas pria asal Semarang ini.

Kejar Tampang Facelift, Honda Accord Lawas Disiksa


Saat diterjunkan di event Indonesia Automodified (IAM) pada tanggal 19-29 April 2018 lalu, Honda Accord ini menyabet tropi Car and Model Award, Hottest Car Display, The Perfect Paint, Instance, Best Flush, Finest Fitment-air rade, The IAM Rep, Best interior-vibe, Best VIP Japanese, Best Saloon, People Choice Best Car dan The Best Asian Modified Car.

Jika dihitung total pengerjaannya sembari menunggu part-partnya, kata dia, memakan waktu selama setahun. "Tapi pengerjaannya sekitar 6 bulan. Untuk kap mesin 1 bulan, bagasi juga sebulan," ujarnya.

Melongok ke sektor buritan, lampu belakang sedan ini juga sudah facelift dengan menyematkan lampu Accord 2017 untuk depan dan belakang. Pasalnya, lampu tersebut belum ada di Indonesia, dan running lead nya juga berasal dari Thailand.

Yang jadi lama pengerjaannya itu karena kita mengatur sorot-sorot lampunya. Ini gak bisa sembarangan, jangan kita main pasang tapi sorot lampunya gak diatur. Nah, kita sudah mengatur posisi sorot lampunya jadi gak bakalan ngaco.

Meskipun aktivitasnya di bidang Distributor keramik di wilayah Semarang-Jawa Tengah, namun hobi modifikasi yang tertanam sejak remaja membuat Viriana merasa cukup puas dengan balutan konsep yang tersemat pada Honda Accord. "

Model pada Accord ini merupakan hasil karya terbaik dari Zoom yang menguras kocek sebesar Rp 600 jutaan. Rata-rata pemilik mobil yang ingin dimodifikasi mobilnya, menyerahkan sepenuhnya kepada sang builder untuk men-dress up baik dari model maupun bentuknya.

"Saya memiliki kebebasan untuk berkreasi, makanya kalau saya sudah dipercaya oleh customer, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mewujudkan keinginannya," kata Renaldo.

Perubahan di sektor engine meliputi custom turbokit using Garrett m24 ar60, RXZ performance intercooler piping. "Kita hanya menambah turbocharger, kalo mesin gak ada perubahan masih tetap menggunakan mesin Honda Accord," ujarnya.

Tak ada perubahan perangkat pada sound system, audionya masih terbilang standar. Rencananya, sang Owner akan mengganti perangkat sound system secara menyeluruh kedepannya.

"Ya, kemungkinan kedepannya nanti saya bakal merubah cat, audio, eksterior mulai dari bodykit lalu kaki-kaki kemudian interior juga mungkin akan saya tambahkan beberapa part," ungkap Viriya Nanda Susanto, sang Owner.

Pasalnya, mobil ini sudah beberapa kali terjun di kontes Indonesia Automodified (IAM) dan menyadang gelar The King di Banyuwangi dan Jogja. Kemudian juga pernah meraih gelar The King juga di Honda Fest 2018 di Surabaya lalu.

Owner : Viriya Nanda Susanto
Type of Car : Type of Car : Accord CM5 2003 facelift to new accord 2017

Spesifikasi :

Wheels: work wheels meister s1 3pc special order gun metal spoke, gold rivets, anodized bronze lips, 19 inch front 10,5 inch offset -39, rear 12,5 inch offset-40.

Tyres: Toyo T1R, front 245/35/19, Rear 285/30/19

Brakes : BREMBO Front 6pot 360mm drilled rotor, Rear 4pot 360mm drilled rotor.

Suspension : AIRLIFT bags, Custom shock, VIAIR 480c compressor, Airlift solenoid, ULTRA Racing strutbar

Exhaust : RXZ performance full valvetronic exhaust system with remote, stainless steel sus304

Eksterior : FACELIFT HEADLAMP accord 2017, FACELIFT STOPLaMp accord 2017 with chasing running LED VIP STYLE, Full facelift conversion engine hood,grill,front fenders,rear fenders,rear trunk,rear bumper, MOONROOF KOREA panoramic moonroof with electric sunshade, widebody natural by ZOOM bodyworks, FULL custom bodykit by ZOOM bodyworks, full carbon fiber front lips,sideskirt lips,rear bumper lips, Front DRL led spot & long, carbon fiber handle silver black pattern

Interior : full redesign & stitching rainbow MB TECH seat, doortrim, floormat by LEDERPRO Bali, Karpet dasar brown, carbon fiber dashboard silver black pattern, carbon fiber 4pc upper doortrim silver black pattern, carbon fiber steering wheels and retrim, carbon fiber panels, GREDDY profec boost controller

Engine : custom turbokit using Garrett m24 ar60, RXZ performance intercooler piping, FLEX intercooler, FLEX HOSE & T bolt clamp, HKS Blow off, K&N air filter
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.3026 seconds (0.1#10.140)