alexametrics

Layani Mudik dan Libur Lebaran, XL Axiata Tingkatkan Kenyamanan Akses Digital

loading...
Layani Mudik dan Libur Lebaran, XL Axiata Tingkatkan Kenyamanan Akses Digital
Direktur Teknologi XL Axiata Yessie Yosetya. Foto/Dok.XL Axiata
A+ A-
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus meningkatkan kenyamanan masyarakat yang akan melakukan aktifitas mudik dan libur Lebaran, dengan memastikan sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Di sepanjang Pulau Jawa, jaringan 4G LTE telah mengcover lebih dari 96% jalur jalan raya.

Tidak hanya di Jawa, jaringan 4G LTE XL Axiata juga sudah bisa dinikmati masyarakat di 94% area di sepanjang jalur mudik utama Sumatra dan 66% area jalur mudik di Kalimantan. XL Axiata berharap masyarakat dan pelanggan bisa mendapatkan layanan akses digital yang lebih baik lagi untuk mendukung aktivitasnya selama pulang kampung dan libur Lebaran.
 
Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie Yosetya mengatakan, untuk Lebaran tahun ini, pihaknya berkomitmen untuk bisa menyajikan tiga hal dalam pada layanan akses digital, yaitu jadi lebih luas, lebih cepat, dan lebih nyaman.

"Ini merupakan bagian dari rencana besar pembangun jaringan data berkualitas yang telah berjalan selama ini. Jaringan 3G/4G XL Axiata semakin luas dengan penambahan 8.500 BTS baru sebelum Lebaran 2018. Saat ini, semakin banyak masyarakat dan pelanggan yang bisa mendapatkan akses digital karena jaringan data XL Axiata telah menjangkau 93% populasi Indonesia, termasuk kabupaten dan kecamatan di luar Jawa," ujarnya, Senin (4/6/2018).

Demi meningkatkan kualitas akses digital, secara teknis, XL Axiata telah menerapkan sejumlah teknologi terkini untuk meningkatkan kualitas layanan data. Beberapa di antaranya adalah Network Function Virtualization Core, Spektrum Wideband 4G, dan teknologi 4.5G. Termasuk dalam Teknologi 4.5G ini adalah LAA Spectral Efficiency, Carrier Aggregation 256 QAM, serta 4T4R 4X4 MIMO. Saat ini, layanan 4.5G sudah tersedia di sekitar 100 kota.

Karena itu menurut Yessie, XL Axiata tak begitu kesulitan untuk memperkuat jaringan di sepanjang jalur utama transportasi darat di pulau-pulau besar tersebut. Di Jawa, jalur Pantai Utara dan Pantai Selatan, termasuk di sepanjang jalur kereta api, hampir semuanya telah terselimuti layanan 4G LTE. Hal ini juga tak terlepas dari upaya perluasan jaringan internet cepat 4G LTE secara cepat dan terus menerus di semua area di Jawa dan luar Jawa dalam dua tahun terakhir.

Untuk mendukung mudik tahun ini, XL Axiata telah menyiapkan jaringan internet cepat tersebut di sepanjang jalur jalan tol trans Jawa, dari Jakarta-Surabaya, termasuk di banyak ruas tol baru. Ini juga mencakup ruas tol yang masih fungsional. Hasilnya, lebih dari 97% area sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE.

Untuk jalur utama non tol yang menyusuri sepanjang pantai utara Jawa, ruas yang tercover 4G LTE mencapai lebih dari 95%, dan jalur non tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Pada jalur kereta api, lebih dari 90,5% terselimuti 4G LTE.
 
Untuk memperkuat kualitas jaringan di berbagai lokasi karena bertambahnya jumlah pengguna dan trafik di suatu area, XL Axiata juga meningkatkan kapasitas radio transmisi dan menempatkan sedikitnya 49 unit mobile BTS. Area yang rawan terjadi lonjakan trafik termasuk di tempat-tempat pemberangkatan transportasi massal seperti bandar udara, terminal bus, pelabuhan laut, serta tempat penyeberangan antarpulau.

Dengan tersedianya jaringan data yang lebih luas dan secara kualitas juga lebih stabil dan cepat, XL Axiata berharap segala macam akses digital yang dibutuhkan pelanggan dan masyarakat bisa terpenuhi.

Selain menyediakan jaringan yang berkualitas, XL Axiata juga menghadirkan sejumlah produk yang bisa menjadi sarana bagi pelanggan mendapatkan manfaat lebih banyak saat mudik dan Lebaran. Salah satunya apada layanan XL Prioritas. Pelanggan berkesempatan mendapatkan diskon 60% untuk mendapatkan layanan pascabayar ini.

Ada juga promo XL Prabayar dengan Xtream Smartphone 4G. Ini memberikan kepuasan streaming video dengan keuntungan berupa akses YouTube Unlimited 24 jam selama 1 tahun, 12GB kuota internet (1GB per bulan selama 1 tahun), unlimited Nelpon dan SMS ke sesama XL, dan akses iFlix tanpa biaya berlangganan.
(ven)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak