AS Kurangi Subsidi, NASA Sibuk Cari Kucuran Dana

Sabtu, 09 Juni 2018 - 00:01 WIB
AS Kurangi Subsidi, NASA Sibuk Cari Kucuran Dana
AS Kurangi Subsidi, NASA Sibuk Cari Kucuran Dana
A A A
NEW YORK - National Space and Aeronautics Administration (NASA) sedang melakukan pembicaraan dengan beberapa perusahaan global untuk melakukan operasi harian di International Space Station (ISS) di tahun mendatang.

Administrator NASA, Jim Bridenstine, mengatakan telah mengidentifikasi perusahaan yang akan mengelola komersialisasi stasiun tersebut.

"Saya telah berkonsultasi dengan banyak perusahaan besar yang tertarik untuk terlibat dalam usaha ini melalui konsorsium," kata mantan anggota Kongres Oklahoma seperti dilansir AFP.

Namun Bridenstine tidak mengungkapkan nama perusahaan yang telah bernegosiasi dengannya.

Awal tahun ini Gedung Putih mengumumkan akan menghentikan pendanaan basis orbital pada tahun 2025, keputusan yang memicu banyak oposisi dari banyak anggota parlemen.

Senator Republik dari Texas, Ted Cruz adalah salah satu kritikus paling vokal terhadap keputusan 'tuli'.

"Keputusan untuk menghapus program ini adalah yang paling bodoh setelah miliaran dolar diinvestasikan sementara masih banyak penggunaan dan masih dibutuhkan untuk masa depan," katanya.

Investasi tahunan AS dalam biaya tenaga kerja luar angkasa antara USD 3 juta hingga USD 4 juta.

Laboratorium seukuran sepak bola itu dibangun dengan biaya USD 100 miliar dan beredar sekitar 400 kilometer di atas bumi.

Laboratorium juga dibagi dengan Rusia, Jepang, Kanada dan Eropa dan menggunakan astronot sejak tahun 2000.

Menurut para ahli ruang angkasa, fitur-fitur dan ketergantungan ISS pada kerja sama global termasuk keterlibatan AS akan menyulitkan untuk memprivatisasi rencana.

Pembangunan stasiun luar angkasa telah dibantu oleh perusahaan Boeing yang juga memberikan dukungan teknis secara terus menerus.

Manajer program stasiun ruang angkasa Boeing, Mark Mulqueen meragukan proposal NASA.

"Memberikan aset negara yang berharga kepada pengusaha komersial sebelum diserahkan kepada perusahaan swasta yang mampu membawa mereka akan membawa implikasi buruk bagi kepemimpinan AS dalam ruang dan peluang untuk membangun perusahaan swasta yang berfokus pada ruang pribadi," katanya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8733 seconds (0.1#10.140)