Jadi Sumber Inspirasi Siswa, Kemendikbud Dukung Program Pengusaha Mengajar

Jum'at, 02 Februari 2024 - 17:20 WIB
loading...
Jadi Sumber Inspirasi Siswa, Kemendikbud Dukung Program Pengusaha Mengajar
Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Inspirasi pembelajaran bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali dengan pendidikan vokasi yang menyambut baik keterlibatan praktisi untuk mengajar di satuan pendidikan vokasi.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati mengatakan, kehadiran praktisi mengajar diharapkan mampu memberikan inspirasi yang dapat menggugah pola pikir anak-anak muda Indonesia untuk menciptakan berbagai inovasi di bidang vokasi.

Ia meyakini bahwa kehadiran praktisi mengajar melalui program Pengusaha Mengajar sangat penting agar SDM vokasi dapat mengimbangi kapasitasnya sejalan dengan perkembangan DUDI.

“Kehadiran program ini mendukung SDM vokasi agar dapat bergerak cepat menyesuaikan diri dengan tuntutan dunia pendidikan,” ujarnya pada Kick Off Gerakan Pengusaha Mengajar” di SMK Mitra Industri MM2100, Bekasi, melalui siaran pers, Jumat (2/2/2024).

Baca juga: Siap Daftar Politeknik Terbaik? Berikut Biaya Kuliah Polban Bandung 2023/2024

Kehadiran praktisi mengajar, lanjut Kiki, tidak hanya mampu memberikan wawasan kepada para siswa tentang DUDI yang sesungguhnya, tetapi juga mampu memberikan inspirasi bagi para peserta didik vokasi.

“Para praktisi dapat memberikan inspirasi kepada para siswa, guru, dosen hingga kepala sekolah. Artis yang datang ke kampus nantinya tidak hanya bercerita, tetapi juga membuka mata dan menginspirasi (visi) siswa tentang apa yang harus dikerjakan (di masa depan),” katanya.

Sebagai informasi, program Pengusaha Mengajar merupakan program baru yang diluncurkan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Program ini mengajak 1.000 pengusaha di seluruh provinsi di Indonesia untuk memberikan wawasan, motivasi, dan nilai keteladanan kepada pelajar maupun tenaga pengajar dalam menghadapi industri 4.0. Peluncuran program ini berbarengan dengan Hari Ulang Tahun ke-72 Apindo.

Lebih lanjut, Kiki mengatakan selama ini dunia pendidikan memberikan butir-butir pengetahuan dan ilmu di bangku sekolah. Kehadiran praktisi dari industri inilah yang nantinya akan menghubungkan butir-butir ilmu dan pengetahuan tersebut melalui materi ajar mereka.

Baca juga: Ikut Kursus Gratis Membawa Barista Ini Sukses Buka Kedai Kopi di Bandung

Melalui Merdeka Belajar, Kemendikbudristek membuka diri dan menyambut baik niat baik para pengusaha untuk menjadi guru di satuan pendidikan vokasi. Sebagai sumbangsih besar bagi bangsa Indonesia, Kiki Yuliati berharap, kehadiran para pengusaha dapat membekali para siswa dengan kemampuan untuk belajar dan kemampuan untuk berpikir selain kompetensi dasar yang selama ini diajarkan kepada siswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3466 seconds (0.1#10.140)