alexametrics

Bantu Penglihatan, Peneliti Australia Ciptakan Kornea 3D

loading...
Bantu Penglihatan, Peneliti Australia Ciptakan Kornea 3D
Kornea merupakan bagian dari mata yang memiliki peran kunci dalam menentukan fokus.
A+ A-
NEW YORK - Salah satu bagian penting dari mata yang memungkinkan manusia untuk melihat adalah lapisan luar yang dikenal sebagai kornea. Kornea merupakan bagian dari mata yang  memiliki peran kunci dalam menentukan fokus.

Untuk orang dengan masalah kornea, satu-satunya harapan penglihatan yang jelas adalah transplantasi kornea dari donor, yang sulit didapat.



Para peneliti  dari Universitas Newcastle telah mampu mencetak  kornea 3D manusia pertama yang dapat membantu mengembalikan pengelihatan.

Proses ini menggabungkan sel induk, khususnya sel stroma kornea manusia, dari donor yang sehat dengan alginat dan kolagen. Solusinya menciptakan solusi bio-tinta yang dapat digunakan dalam printer 3D. Dalam masa percobaanya, lingkaran konsentris untuk membentuk kornea manusia dalam waktu kurang dari sepuluh menit.

Sel-sel induk kemudian terbukti tumbuh, yang berarti bahwa 10 juta orang di dunia membutuhkan transplantasi kornea memiliki harapan baru. Bahan gel cukup kaku untuk menahan bentuknya sementara cukup lunak untuk pencetakan 3D. Kornea yang dicetak akan dicocokan unik pasien.

Dimensi kornea, dalam hal ini, diambil dari kornea yang sebenarnya dengan memindai mata pasien. Data itu kemudian digunakan untuk mencetak kornea ke bentuk dan ukuran yang tepat yang diperlukan. Tim peneliti mengatakan bahwa kornea cetak 3D harus menjalani test lebih lanjut

 “Kornea cetak 3D kami sekarang harus menjalani pengujian lebih lanjut dan akan butuh beberapa tahun sebelum kami menggunakannya untuk transplantasi” tambah Che Connon Profesor Teknik Jaringan Universitas Newcastle dalam website resmi Universitas ncl.ac.uk.

Ia juga meyakinkan bahwa apa yang mereka tunjukkan adalah layak untuk mencetak kornea menggunakan koordinat yang diambil dari mata pasien dan bahwa pendekatan ini memiliki potensi untuk mengurangi kebutuhan donor kornea, yang akan berfampal positif pada beberapa pasien yang hidup dengan kehilangan pengelihatan.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak