Europa, Satelit Planet Jupiter yang Diklaim Bisa Dihuni Manusia

Jum'at, 15 Juni 2018 - 18:02 WIB
Europa, Satelit Planet Jupiter yang Diklaim Bisa Dihuni Manusia
Europa, Satelit Planet Jupiter yang Diklaim Bisa Dihuni Manusia
A A A
CALIFORNIA - Beberapa satelit dari planet besar di tata surya kemungkinan bisa memberikan kehidupan. Salah satu yang ditargetkan adalah satelit Jupiter, Europa.
Europa adalah satelit es yang permukaannya ditutupi lautan air. Tidak menutup kemungkinan ada makhluk hidup yang menghuni lautan tersebut.Dalam sistem tata surya, orbit planet raksasa seperti Jupiter dan Saturnus berada jauh dari wilayah yang ditinggali di Bumi, sementara pada sistem tata surya lain, planet-planet besar seperti inilah yang menjadi kunci kehidupan. Mengingat planet-planet tersebut tidak terlalu panas atau terlalu dingin.“Exomoon (satelit berbatu diluar tata surya) termasuk dalam daftar kami untuk mencari kehidupan lain di luar angkasa” jelas Stephen

Kane Profesor Astrofisika Planet di Universitas California seperti dilansir Cnet. Beberapa menyebutkan exomoon lebih potensial untuk ditinggali, dari pada Bumi. Sebab satelit-satelit ini tidak bergantung hanya dari matahari untuk emndapat energi. Tetapi juga menerima energi dari planet yang menjadi orbit mereka.Energi tersebut berupa pantulan radiasi dan energi tidal. Energi tidak ini yang menjaga lautan tersembunyi di Europa dan Encelandur, satelit Saturnus agar tidak benar-benar membeku.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7812 seconds (0.1#10.140)