alexametrics

NASA Tunda Peluncuran Teleskop Antariksa Andalan Lagi

loading...
NASA Tunda Peluncuran Teleskop Antariksa Andalan Lagi
Markas NASA di Amerika Serikat. FOTO/ Istimewa
A+ A-
JAKARTA - National Aeronautics and Space (NASA) kembali menunda peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb Space Telescope (JWTS). Pihaknya menunda sampai paling cepat MEi 2020.

Perencanaan satelit yang dimulai tahun 1996 awalnya diperkirakan akan menelan biaya sekitar $1 miliar dengan peluncuran antara tahun 2007 dan 2011.

Namun sampai September tahun lalu diumumkan ditunda pertengahan 2019 dan diubah lagi dalam konferensi pers yang digelar NASA Selasa (27/3) mengumumkan penundaan kemballi peluncuran James Webb hingga tak lebih cepat dari Mei 2020.

"Sains berubah banyak dalam setahun. Pilihan orang target akan berkembang, strategi pengamatan orang akan berkembang, dan kolaborasi akan berkembang, "kata Grant Tremblay Astrofisikawan Harcard-Smithsonian Center for Astrophysics melalui The Verge.

Administrator NASA Robert Lightfoot mengatakan bahwa JWTS merupakan proyek prioritas tinggi untuk Direktorat Misi Sains NASA dan proyek sains ruang angkasa internasional terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Teleskop ruang angkasa James Webb adalah observatorium inframerah yang dirancang untuk mengintip jauh ke alam semesta, mempelajari asal mula kehidupan dan mencari planet baru yang mirip dengan Bumi.

James Webb akan mengorbit 1,5 juta kilometer dari Bumi, berada dalam sudut gelap Bumi dengan suhu ultra dingin. Saking jauhnya mengorbit pesawat luar angkasa dan teleskopnya dirancang untuk tidak bisa rusak hingga jangka waktu yang cukup panjang. James Webb akan menjadi instrument utama astronom di seluruh dunia untuk melakukan penelitian apapun di luar angkasa.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak