alexametrics

Tujuh Hal yang Harus Dilakukan Mudik dengan Mobil Pribadi

loading...
Tujuh Hal yang Harus Dilakukan Mudik dengan Mobil Pribadi
ketika melakukan perjalanan mudik dengan jarak yang cukup jauh dan menggunakan mobil pribadi. FOTO/ SIS
A+ A-
JAKARTA - Tidak hanya kondisi fisik saja yang perlu dipastikan dalam keadaan yang fit, namun ketika melakukan perjalanan mudik dengan jarak yang cukup jauh dan menggunakan mobil pribadi, ada baiknya cek terlebih dahulu kondisi mobil tersebut jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.



Berikut daftar pemeriksaan yang wajib dilakukan

Cek oli mesin

Wajib hukumnya mobil yang digunakan pada saat mudik menggunakan kondisi oli yang baik. Oli mesin, transmisi maupun gardan tidak bisa diabaikan dalam pengecekan karena fungsinya yang sangat penting.

Tekanan angin ban yang pas

Melakukan pengecekan terhadap tekanan ban mobil sangatlah wajib dilakukan bagi para pemudik, tekanan angin yang tidak pas dapat membuat ban pecah secara mendadak. pengecekan pada tapak ban sebaiknya masih diatas 50%. Ketika ukuran tapak ban kurang dari itu sebaiknya harus mulai waspada dan harus menggantinya terlebih dahulu.

Air radiator aman

Peran air radioator sangar vital terhadap sistem pendingin mesin untuk menjaga komponen radiator agar tak kekurangan air, yang bertujuan untuk mencegah mesin panas atau overheat.

Minyak rem dan minyak kopling

Rem merupakan salah satu elemen penting selama berkendara, jika minyak rem kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem. Selain itu minyak kopling tidak boleh diabaikan dari pengecekan, bila minyak kopling bocor mobil tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindah gigi transmisi.

Filter AC

Tak mau kepanasan ditengah perjalanan kan? maka jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada filter AC agar dapat menyaring udara kotor yang dapat menimbulkan penyakit.

Saringan udara yang bersih

FIlter udara penting untuk dibersihkan guna agar tarikan mesin tidak berkurang, bahan bakar lebih irit, suara mesin tidak berisik dan menghindari mesin ngadat
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak