alexametrics

Momen Lebaran, Pelanggan Telkomsel Tinggalkan Layanan Suara

loading...
Momen Lebaran, Pelanggan Telkomsel Tinggalkan Layanan Suara
Pada momen Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H kali ini, terjadi lonjakan trafik layanan data Telkomsel tertinggi pada H-1 Lebaran menjadi 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3% dibandingkan pada hari normal. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Trafik layanan suara dari tahun ke tahun pada masa Ramadhan dan Lebaran selalu mengalami penurunan. Hal ini memang berbanding terbalik dengan lonjakan trafik layanan data.

Penurunan layanan suara juga terjadi di jaringan Telkomsel pada momen Lebaran tahun ini. Anak usaha PT Telkom (Persero) Tbk ini mencatat adanya penurunan 9,8% dibanding hari normal menjadi sekitar 1,29 miliar menit. "Sedangkan trafik layanan SMS pada puncak Lebaran mencapai 594 juta SMS atau turun 2,1% ketimbang hari normal," kata Direktur Network Bob Apriawan dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (18/6/2018).

Dari sisi kualitas layanan, sambung dia, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai 99,82%, 99,83%, dan 98,46%. Artinya secara umum pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dengan lancar.

Sementara itu, wilayah-wilayah yang paling banyak menerima kedatangan pelanggan dari wilayah lainnya pada periode mudik Lebaran tahun ini adalah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 3,06 juta pelanggan, Jawa Barat (1,72 juta pelanggan), dan Jawa Timur (1,32 juta pelanggan).



Sejak jauh-jauh hari Telkomsel telah memastikan seluruh layanan berfungsi secara optimal dan prima untuk mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018. Untuk itu, Telkomsel telah melakukan perluasan cakupan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas jaringan, terutama di 772 titik strategis yang terdiri dari 295 titik jalur mudik dan 477 titik lokasi wisata.

Beberapa aktivitas kesiapan infrastruktur yang dilakukan Telkomsel antara lain membangun 12.000 BTS multiband LTE, penambahan kapasitas pada 579 BTS 4G, mengoperasikan 73 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 66% dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps. "Kami juga menambah kapasitas sistem IT untuk layanan dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa," imbuhnya.

Dari sisi produk dan layanan serta pelayanan pelanggan, Telkomsel berupaya menjaga ketersediaan produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, menggelar posko layanan di titik-titik strategis di jalur mudik dan lokasi wisata, serta mengadakan berbagai program spesial bagi pelanggan.

Berbagai aktivitas yang dilakukan untuk memanjakan pelanggan selama periode RAFI di antaranya, menyiagakan seluruh kanal pelayanan konvensional dan digital, mengadakan program penukaran Telkomsel POIN dan aktivasi layanan berhadiah spesial, menggelar pameran penjualan paket bundling Ramadhan Fair di 13 kota, serta memberangkatkan 1.940 pemudik menggunakan bus, pesawat, dan kapal laut.

"Pelanggan juga dapat menikmati beragam layanan spesial RAFI berupa paket layanan data, suara, dan SMS; layanan digital lifestyle; TCASH; digital advertising; serta mobile banking," pungkasnya.
(mim)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak