Mengenal Kanker Limfoma Hodgkin, Gejala dan Pengobatan yang Tepat

Senin, 05 Februari 2024 - 09:30 WIB
loading...
Mengenal Kanker Limfoma Hodgkin, Gejala dan Pengobatan yang Tepat
Dalam rangka Hari Kanker Sedunia yang diperingati pada tanggal 4 Februari setiap tahunnya, POI Jaya melangsungkan serangkaian kegiatan World Cancer Day. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Dalam rangka Hari Kanker Sedunia yang diperingati pada tanggal 4 Februari setiap tahunnya, Perhimpunan Onkologi Indonesia cabang Jakarta Raya (POI Jaya) melangsungkan serangkaian kegiatan World Cancer Day: Hope, Faith, Love dengan puncak acara dilakukan pada tanggal 4 Februari 2024.

Kanker merupakan salah satu tantangan kesehatan global yang memerlukan perhatian serius, di mana kanker menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Terhitung hampir 10 juta kematian pada tahun 2020, atau hampir satu dari enam kematian.

Di tahun 2020, kasus kanker yang paling umum ditemui adalah kanker payudara (2,26 juta), paru-paru (2,21 juta), usus besar dan rectum (1,93 juta), prostat (1,41 juta), kulit/non-melanoma (1,2 juta), dan kanker perut (1,09 juta).

“Kanker adalah masalah kesehatan dengan urgensi yang tinggi. Secara global saja, kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak, dengan hampir 10juta orang meninggal setiap tahunnya. Untuk itu, POI Jaya secara berkelanjutan melakukan edukasi dan peningkatan kesadaran terkait penyakit kanker kepada Masyarakat. Seperti yang dilaksanakan tahun ini, di mana kami bekerja sama dengan berbagai mitra dalam mengangkat tema Hope, Faith, Love (Harapan, Keyakinan, Cinta) – tiga hal yang sangat krusial bagi para pasien kanker dan keluarganya," kata Ketua POI Jaya Prof. Dr. Dr. dr. Ikhwan Rinaldi, Sp.PD-KHOM, M.Epid, M.Pd.Ked, FINASIM, FACP.

Prof. Ikhwan menambahkan bahwa dari sekian banyak kanker, limfoma hodgkin adalah kanker dengan diagnosis yang masih rendah. “Kanker kelenjar getah bening jenis limfoma hodgkin adalah salah satu kanker yang tingkat diagnosisnya masih rendah. Penyakitnya ada, tapi sayangnya, pada banyak kasus, baru terdiagnosis setelah berada di stadium lanjut. Untuk itu, salah satu topik yang kita bawah hari ini adalah mengenal limfoma hodgkin,” jelasnya.



Limfoma hodgkin adalah salah satu jenis kanker yang berasal dari sel darah putih yang disebut limfosit. Limfosit merupakan komponen sistem limfatik yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh. Menurut data Globocan tahun 2020, di Indonesia terdapat 1.188 kasus baru limfoma Hodgkin dengan kematian sebanyak 363 kasus.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI Dr. Eva Susanti, S.Kp., M.Kes menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh POI Jaya.

“Kami mengapresiasi segala bentuk kolaborasi untuk mengedukasi masyarakat mengenai penyakit kanker di Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh POI Jaya bersama para mitra ini. Sebab akses terhadap informasi dan edukasi seputar penyakit kanker di Indonesia harus terus dilakukan oleh semua pihak. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama," ujar Dr Eva.

“Kanker yang ditemukan pada stadium awal melalui deteksi dini dan ditangani secara tepat akan memberikan peluang kesembuhan 90 persen. Apalagi saat ini pengobatan untuk limfoma hodgkin telah tersedia dan tercakup di dalam BPJS Kesehatan. Untuk itu, masyarakat jangan ragu untuk segera melakukan deteksi dini,” sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0870 seconds (0.1#10.140)